Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 2 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Strategi Pemasaran Pendidikan Dalam Menarik Minat Siswa Baru di SMK HKBP Pematang Siantar

Susy Alestriani Sibagariang (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Sukarman Purba (Universitas Negeri Medan)
Irsan Rangkuti (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
27 May 2023

Abstract

Tingkat persaingan dalam dunia pendidikan menutut setiap sekolah melakukan pemasaran sehingga pasar tertarik untuk mengikuti pendidikan atau menyekolahkan keluarganya pada sekolah yang dianggab layak. Penelitian ini bertempat di SMK Swasta HKBP Pematang Siantar dan merupakan penelitian kualitatif. penelitian ini berusaha menjelaskan dan menguatkan mengenai data yang didapat dari hasil observasi pada pihak terkait. Instrumen yang digunakan dalam peneliti ini menggunakan instrumen wawancara tertulis, dimana peneliti telah menyiapkan beberapa pertanyaan yang hendak diajukan pada narasumber. Narasumber berjumlah 18 orang yang terdiri dari Kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dan humas, perwakilan guru dan perwakilan siswa. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sekolah ini melaksanakan dan memiliki startegi pemasaran sebagai berikut: 1. Dalam menentukan pasar sasaran, sekolah terlebih dahulu memahami perkembangan lingkungan dan kondisi kebutuhan masyarakat. 2. Ditengah- tengah persaingan yang semakin ketat, sekolah melakukan strategi penentuan posisi pasar persaingan. Dengan cara melakukan identifikasi beberapa sekolah pesaing dan menjalankan jasa pendikan yang menekankan penanaman serta pengenalan pendidikan keagamaan. 3. Pada strategi bauran pemasaran, sekolah menawarkan beberapa produk program unggulan. 4. Biaya pendidikan yang ditawarkan oleh sekolah telah disesuaikan dengan fasilitas dan pelayanan jasa pendidikan yang akan diterima oleh siswa/i selama bersekolah. 5. Kualitas SDM sekolah yang akan memberikan proses pelayanan sudah terkualifikasi secara baik dan profesional, serta didukung oleh lokasi strategis dan bukti fisik sekolah yang memadai. 6. Sekolah telah melakukan kegiatan promosi yang cukup optimal melalui kegiatan periklanan. 7. Kepala sekolah melibatkan semua guru, karyawan, wali murid dan murid serta para alumni untuk melaksanakan kegiatan pemasaran pendidikan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...