Model Problem Based Learning merupakan pembelajaran yang menyajikan materi pembelajaran yang menghadapkan peserta didik terhadap sebuah permasalahan yang harus dipecahkan agar dapat mencapai tujuan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pada saat guru memberikan lembar LKPD siswa terlihat masih bingung dalam pengerjaan soal tersebut, guru memantau dan memberikan pengertian bahwasanya ketika mengerjakan harap dibaca dengan teliti dan dipahami terlebih dahulu. Berdasarkan penelitian, bahwa dapat diketahui bahwa penerapan PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III di SDN 09 Cibiru. Setelah dilakukan penilaian dapat diketahui soal evaluasi yang dikerjakan secara individu, terdapat 19 siswa memperoleh nilai 100, 3 siswa memperoleh nilai 80, dan 1 siswa memperoleh nilai 20. Sedangkan pada hasil LKPD terdapat 3 kelompok yang mendapatkan nilai 100 dan 1 kelompok mendapatkan nilai 80.
Copyrights © 2023