Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 2 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research (Special Issue)

Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Menurut Teori Bruner Pada Materi Himpunan Berbasis High Order Thinking Skill (Hots) Kelas VII SMP Swasta Gajah Mada SEMESTER GENAP T.P. 2022/2023

Simon M. Panjaitan (Universitas HKBP Nommensen Medan)
Novita Dwi Yanti Gulo (Universitas HKBP Nommensen Medan)
Adi Suarman Situmorang (Universitas HKBP Nommensen Medan)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan literasi numerasipeserta didik pada materi himpunan berbasis hots di kelas VII SMP Swasta Gajah Mada. Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan instrumen tes dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII di SMP Swasta Gajah Mada yang mewakili kemampuan kognitif seluruh peserta didik di SMP Swasta Gajah Mada. Berdasarkan hasil data tersebut, Subjek dengan kemampuan literasi numerasi tinggi tidak mampumenggunakan indicator 1 yaitu menggunakan berbagai macam angka (C3). Subjek hanya mampu Menafsirkan hasil analisis (C5) dan menganalisis informasi yang di tampilkan dalam bentuk grafik, table, bagan (C4) Subjek dengan kemampuan literasi numerasi sedang, tidak mampu menguasai indikator pertama yaitu Menggunakan berbagai Macam Angka (C3), dan belum sepenuhnya mampu menguasai indikator kedua dan ketiga yaitu, Menafsirkan hasil analisis dan menganalisis informasi yang ditampilkan untuk memprediksi dan mengambil keputusan (C5) yang tepat kepada permasalahan yang disajikan pada soal. Subjek dengan kemampuan literasi numerasi rendah, tidak mampu menguasai indikator pertama yaitu menggunakan berbagai macam angka dan symbol (C3) tidak mampu menguasai indikator kedua yaitu, Menafsirkan hasil analisis (C5) terlebih lagi pada indikator ketiga menganalisis informasi yang ditampilkan dalam bentuk grafik, table, bagan (C4). Dari hasil olahan data tersebut, menunjukkan bahwa tingkat kemampuan literasi numerasi peserta didik kelas VII SMP Swasta Gajah Mada pada materi himpunan berbasis HOTS tergolong pada kriteria rendah. Kata kunci : Analisis, Kemampuan,literasi numerasi Abstract This study aims to look at students' numeracy literacy skills in hots-based set material in class VII of Gajah Mada Private Middle School. The type of research conducted in this research is descriptive qualitative research using test instruments and interviews. The subjects in this study were class VII students at Gajah Mada Private Middle School who represented the cognitive abilities of all students at Gajah Mada Private Middle School. Based on the results of these data, subjects with high numeracy literacy are unable to use indicator 1, namely using various kinds of numbers (C3). Subjects are only able to interpret analysis results (C5) and analyze information displayed in the form of graphs, tables, charts (C4). mastering the second and third indicators, namely, interpreting the results of the analysis and analyzing the information displayed to predict and make decisions (C5) that are right for the problems presented in the questions. Subjects with low numeracy literacy are unable to master the first indicator, namely using various kinds of numbers and symbols (C3). They are unable to master the second indicator, namely, interpreting the results of analysis (C5). chart (C4). From the results of the processed data, it shows that the level of numeracy literacy ability of class VII students of Gajah Mada Private Middle School in HOTS-based set material is classified as low. Keywords: Analysis, Ability, numeracy literacy

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...