Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 2 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research (Special Issue)

Analisis Sikap Sosial Siswa Dalam Proses Pembelajaran IPS Kelas V SDN 164 Pekanbaru

Hariati Azizah (Universitas Riau)
Hendri Marhadi (Universitas Riau)
Syahrilfuddin Syahrilfuddin (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2023

Abstract

Penanaman sikap sosial pada khususnya tidak bisa terlepaskan kaitanya dengan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap sosial siswa ketika guru mengajar pembelajaran IPS di kelas V SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian kualitatif yang digunakan oleh peneliti yaitu: Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Perolehan data melalui berbagai macam cara ini disebut triangulasi (triangulation). Hasil penelitian menunjukkan Bahwa guru SD Negeri 164 Pekanbaru sudah mampu dengan baik menamkan sikap social melalui pembelajaran IPS. Dapat ditanamkan melalui pembelajaran IPS dengan cara menanamkan nilai-nilai sikap social siswa dengan strategi pembelajaran IPS, mampuan guru memberikan contoh sikap interaksi yang baik kepada siswa baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Kesimpulan penelitian ini sikap social siswa dikatakan baik. Kata Kunci: Sifat, Siswa, Sosial

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...