Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mengenal konsep pola anak usia 5-6 tahun sebelum dan sesudah diberikan perlakuan permainan maze chase di TK Surya Pertiwi Kabupaten Rokan Hulu. Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuantitatif dengan desain rancangan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah 30 anak usia 5-6 tahun di TK TK Surya Pertiwi Kabupaten Rokan Hulu, sampel yang digunakan adalah keseluruhan anak yaitu 15 anak TK B1 dan 15 anak TK B2. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, peneliti menyimpulkan bahwa kemampuan mengenal konsep pola anak sebelum perlakuan pada kelas kontrol dengan persentase 22,53% dan kelas eksperimen 23,47% kemudian diberikan perlakuan terhadap kelas eksperimen meningkat dengan persentase 82,40% sedangkan kelas kontrol tidak mendapat perlakuan dengan persentase 59,79%. Berdasarkan hasil uji t diketahui terdapat pengaruh permainan maze chase terhadap kemampuan mengenal konsep pola pada anak usia 5-6 tahun di TK Surya Pertiwi Kabupaten Rokan Hulu.
Copyrights © 2023