Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media lidi hitung dalam pembelajaran penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas I di SD Negeri 09 Pedamaran. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu dengan soal berupa tes. Dengan desain Posttest-Only Control Design. Sampel dalam penelitian ini sebanyak dua kelas yang dipilih secara purposive sampling pada kelas I di salah satu SD Negeri 09 Pedamaran. Adapun analisis yang digunakan terhadap data dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda , uji normalitas, uji homogenitas , dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukan rata-rata posttest kelas eksperimen 91,43% dan kontrol 52,14%. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dalam penelitian ini, maka hasil penelitian atau temuan dalam penelitian ini adalah media lidi hitung berpengaruh terhadap kemampuan penjumlahan dan pengurangan siswa yang diketahui uji t dengan jumlah thitung (10,380 > 1,706) atau memiliki signifikan (2tailed) sebesar 0,00 < 0,05.
Copyrights © 2023