Target khusus yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah, aktivitas reseptif dalam pembelajaran mengidentifikasi teks prosedur yang dilakukan oleh peserta didik dengan arahan dari guru apabila dilakukan dengan benar sesuai dengan tahapan atau langkah-langkah aktivitas reseptif, dapat dijadikan sebagai acuan dalam proses pembelajaran mengidentifikasi teks prosedur dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah tingkat SMP. Aktivitas reseptif yang dideskripsikan di dalam penelitian ini dapat dijadikan sebagai model pembelajaran mengidentifikasi teks dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan instrumen berupa daftar observasi, catatan lapangan, dan kamera foto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, peserta didik melaksanakan aktivitas reseptif dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 10 Kota Pontianak dengan melaksanakan langkah-langkah survey, question, read, recite, dan review. Aktivitas reseptif itu dilaksanakan oleh peserta didik sesuai dengan arahan dan konsep reseptif yang disampaikan oleh guru bahasa Indonesia.
Copyrights © 2023