Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 2 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research (Special Issue)

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Listening Team Terhadap Hasil Belajar Logaritma Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 6 Buru

Wa Malmia (Universitas Iqra Buru)
Sitti Hajiyanti Makatita (Universitas Iqra Buru)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe listening team terhadap hasil belajar logaritma pada siswa kelas X SMK Negeri 6 Buru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre eksperimen menggunakan desain one grup pretest-posttes. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 6 Buru pada tahu ajaran 2022/2023 ganjil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif dan analisis data inferensial. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini bahwa ada perbedaan rata-rata antara sebelum dan sesuadah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe listening team berdasarkan hasil nilai sig.(2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05 karena nilai karena nilai p-value kurang dari 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata antara pretest dan posttest yang mengindikasikan bahwa ada perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Listening Team terhadap hasil belajar logaritma siswa kelas X SMK Negeri 6 Buru.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...