Seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan, seseorang akan belajar untuk mandiri. kemandirian adalah kemampuan remaja dalam berpikir, merasakan dan membuat keputusan secara pribadi berdasarkan diri sendiri dibandingkan mengikuti apa yang orang lain percayai. Membangun kemandirian siswa dalam belajar tugas dan kewajiban bagi seorang pendidik. Kemandirian tujuan guru agar siswa belajar mandiri, sesuai dengan tujuan kompetensi inti sikap dalam ranah afektif. Pembelajaran kemandirian sebagai transmisi kewarganegaraan berkaitan erat dengan penanaman tingkah laku siswa dalam belajar dan hidup bermasyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun banyak kendala dalam belajar namun siswa-siswi tetap membangun kemandirian menjadi individu yang mandiri, disiplin, tanggung jawab, mampu menyelesaikan masalah, mengambil keputusan sendiri, inisiatif dan kreatif dalam belajar. Kemandirian juga di dukung oleh faktor ekternal yaitu guru dan orangtua. Guru selalu memberikan motivasi kepada siswa untuk mandiri dalam belajar, begitupun orangtua selalu memberikan bimbingan, nasehat, serta pantauan kepada anak-anakanya dirumah. Warga negara yang baik, yaitu masyarakat yang memiliki kecerdasan intelektual, emosional yang baik, kehidupan sosial yang baik, spiritual, rasa bangga terhadap tanah airnya, berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, tumbuh rasa kebangsaan dan cinta tanah air, kepribadian dan akhlak yang baik, bersikap demokratis, mampu bersaing dan berprestasi dalam bidangnya dan kemajuan teknologi dan komunikasi, terutama bertanggung jawab sebagai generasi muda
Copyrights © 2023