cover
Contact Name
-
Contact Email
jurnalppkn@unpam.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalppkn@unpam.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pamulang
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 23020865     EISSN : 2621346X     DOI : 10.32493/jpkn
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan merupakan media komunikasi dan publikasi artikel ilmiah berdasarkan hasil penelitian dan kajian pustaka bagi para akademisi, praktisi, dan peneliti dalam bidang kewarganegaraan dan pendidikan. Jurnal mulai diterbitkan pada tahun 2014 dalam bentuk cetak dan pada tahun 2017 mulai diterbitkan secara online maupun cetak.Fokus dan ruang lingkup kajian: 1) pancasila dan kewarganegaraan; 2) pendidikan pancasila dan kewarganegaraan; 3) hukum dan ketatanegaraan; 4) perundang-undangan dan kebijakan publik; dan 5) pendidikan dan pembelajaran
Articles 95 Documents
Bagian Akhir: Indeks, Panduan Penulisan Jurnal, dan Kover Belakang Editor Jurnal
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol. 6 No. 2 September 2019
Publisher : Prodi PPKn FKIP Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkn.v6i2.y2019.p%p

Abstract

PENGARUH BUDAYA SEKOLAH DAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KARAKTER SISWA Septian Arief Budiman
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol. 5 No. 1 Maret 2018
Publisher : Prodi PPKn FKIP Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkn.v5i1.y2018.p47-60

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh budaya sekolah dan pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) terhadap karakter siswa, studi kasus pada SMPN 2 Kota Tangerang Selatan. Untuk menjawab penelitian ini digunakan metode penilitian kuantitatif dengan cara mecari besaran regresi ganda antara variabel Budaya sekolah ( X1) dan Pembelajaran PAI (X2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya sebesar 2,5% pengaruh kedua variabel terikat  terhadap variabel bebas, adapun sisanya terdapat variabel yang mempengaruhi diluar variabel terikat. Penelitian selanjutnya diharapkan menambahkan variabel terkait yang mungkin bisa menambahkan pengaruh pada variabel terikat.
HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN METODE DEMONSTRASI DAN METODE DISKUSI Alinurdin Alinurdin; Ricky Avianto Putra
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol. 4 No. 2 September 2017
Publisher : Prodi PPKn FKIP Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkn.v4i2.y2017.p85-100

Abstract

Salah satu komponen keberhasilan pembelajaran adalah penggunaan metode pembelajaran yang tepat sesuai dengan karakteristik materi dan peserta didik serta kemampuan guru dalam penggunaan metode tersebut. Metode demonstrasi jarang digunakan oleh guru karena dianggap sulit dalam penerapannya, sehingga guru kebanyakan menggunakan metode ceramah, tanya jawab atau diskusi. Oleh karena itu maka dilakukan penelitian untuk membandingkan hasil belajar dengan metode demonstrasi dan diskusi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang membandingkan hasil belajar dengan metode demonstrasi dan metode diskusi dengan sampel 2 rombel di kelas VIII di SMP Negeri 21 Kota Tangerang Selatan. Dengan demikian penelitian ini menggunakan desain eksperimental jenis post test equivalent group, yaitu desain dengan memberikan post test setelah kedua kelas diberi perlakuan. Dari hasil penelitian ini diperoleh hasil belajar peserta didik yang berasal dari kelompok pembelajaran dengan metode demonstrasi rata-rata 84,5 dengan standar deviasi 8,39 dan kelompok peserta didik dengan metode pembelajaran diskusi rata-rata skor 59,73.  Maka, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan peserta didik yang menggunakan metode demonstrasi lebih tinggi dibandingkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan peserta didik yang menggunakan metode diskusi. Oleh karena itu disarankan bagi guru Pendidikan Kewarganegaraan untuk dapat menerapkan metode demonstrasi dalam proses pembelajaran sehingga diperoleh hasil belajar yang lebih tinggi.
Perubahan Moral Peserta Didik Melalui Lingkungan Sekolah Ichwani Siti Utami; Aditya Saputra
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol. 6 No. 2 September 2019
Publisher : Prodi PPKn FKIP Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkn.v6i2.y2019.p95-104

Abstract

Permasalahan pada saat ini lingkungan sekolah terbatas dalam mengawasi peserta didik saat sepulang sekolah. Interaksi di luar sekolah dan penggunaan gadget berlebihan serta keterbatasan orang tua dalam mengakses media elektronik yang digunakan peserta didik saat berada di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris dengan menganalisis lingkungan sekolah dalam pembentukan moral siswa di kelas X Madrasah Aliyah (MA) Al-Amanah Al-Gontory, Tangerang Selatan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, karena dalam penelitian ini bahan yang di sajikan menggunakan angka-angka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gadget pada peserta didik dapat dikurangi, namun kita harus sabar karena ada tahapan dalam proses pembiasaan, yaitu dengan menggantinya dengan kegiatan yang lebih bermanfaat. Saran dari penelitian ini yaitu pendekatan secara intensif terhadap peserta didik yang memiliki karakter khusus berupa diskusi, agar mereka merasa aman dan nyaman dengan lingkungan yang baru di boarding school.
Pengaruh Learning Organization Dan Manajemen Berbasis Sekolah Terhadap Kinerja Guru yulita puji lestari; Abdul Razak
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol.7 No.2 September 2020
Publisher : Prodi PPKn FKIP Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkn.v7i2.y2020.p115-124

Abstract

Penelitian ini bertujuan menemukan upaya untuk meningkatkan  kinerja guru pada SMPN Kota Tangerang Selatan dengan  cara meneliti  hubungan antara Learning organization dan Manajemen Berbasis Sekolah dengan  cara  mengidentifikasi, menelaah, dan mengembangkan kekuatan-kekuatan hubungan antar variabel-variabel  tersebut, sebagai berikut: hubungan antara Learning organization  dikaitkan kinerja guru, adanya hubungan antara manajemen berbasis sekolah  dikaitkan dengan kinerja guru, hubungan antara Learning organization  dan manajemen berbasis sekolah  secara beriringan dengan kinerja guru. Metode kuantitatif adalah Metode penelitian yang digunakan. Hasil yang didapatkan berdasarkan uji  regresi  ganda sebesar 14,65 yang berarti, variabel Learning organization dan Manajemen Berbasis Sekolah berpengaruh positif terhadap Kinerja Guru di SMPN Kota Tangerang Selatan tahun ajaran 2020/2021. Menurut hasil uji F didapatkan nilai F Hitung sebesar 2615,3. Apabila dilakukan perbandingan dengan nilai F Tabel sebesar 0,1648 pada taraf signifikansi 5%, maka F hitung > F tabel (2615,3>0,16), sehingga nilai tersebut signifikan. Beralaskan perhitungan dengan menggunakan SPSS, besarnya nilai koefisien determinasi yang diperoleh adalah sebesar 0,874. Hal ini menunjukkan bahwa 87,4% keragaman variabel Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Learning organization, sisanya sebanyak 12,6% disebabkan faktor lain yang tidak diteliti.
Upacara Adat Ngaruwat Bumi sebagai Kajian Nilai Budaya Masyarakat Adat Banceuy dalam Melestarikan Lingkungan Amelia Haryanti
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol. 5 No. 2 September 2018
Publisher : Prodi PPKn FKIP Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkn.v5i2.y2018.p151-166

Abstract

Upacara adat ngaruwat bumi adalah tradisi yang rutin dilaksanakan oleh masyarakat adat di kampung Banceuy Kabupeten Subang Jawa Barat sebagai bentuk dan upaya dalam melestarikan lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan nilai-nilai budaya adat dalam melestarikan lingkungan yang dilakukan masyarakat adat Banceuy. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yang bersifat deskripsi atau menggambarkan secara tepat sifat-sifat suatu gejala sosial, baik individu-individu, kelompok-kelompok, dan keadaan sosial tertentu. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan melaksanakan upacara dan ritual adat ngaruwat bumi, masyarakat adat Banceuy dapat mempertahankan dan melestarikan lingkungannya. Untuk itu dibutuhkan usaha dan dukungan dari semua lapisan masyarakat dalam mempertahankan keberadaan masyarakat adat ini agar keberadaannya tetap terlindungi dari derasnya arus modernisasi yang terus menerus berkembang.
Peranan kearifan dalam pembentukan karakter peserta didik Arni Nafiyya Balaya; Ashif Az Zafi
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol. 7 No. 1 Maret 2020
Publisher : Prodi PPKn FKIP Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkn.v7i1.y2020.p27-34

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena bertujuan untuk menambah pengetahuan tentang bagaimana peranan kearifan lokal dalam pembentukan karakter peserta didik. Penelitian yang dilaksanakan oleh penulis menggunakan metode atau rancangan penelitian literatur yaitu penelitian yang bersumber pada data sumber kepustakaan. Penelitian ini dilaksanakan dengan mengandalkan sumber-sumber kepustakaan. Teknik pengumpulan data berupa data sekunder atau bukti yang diambil melalui literatur ataupun berdasarkan pustaka acuan yang ada. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah peranan kearifan lokal cukup besar sebagai pembentukan karakter peserta didik, karena karakter anak terbentuk berdasarkan kebiasaan-kebiasaan yang sering mereka lakukan, selain dari orang tua faktor lingkungan dan budaya juga berpengaruh di dalamnya.
BAGIAN AWAL: KOVER DEPAN, SUSUNAN REDAKSI, KATA PENGANTAR, DAN DAFTAR ISI Imam Fitri Rahmadi
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol. 4 No. 2 September 2017
Publisher : Prodi PPKn FKIP Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkn.v4i2.y2017.p%p

Abstract

INDEKS SUBJEK DAN PENULIS Indeks Subjek dan Penulis
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol. 4 No. 2 September 2017
Publisher : Prodi PPKn FKIP Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkn.v4i2.y2017.p155

Abstract

Indeks subjek dan penulis.
Bagian Akhir: Indeks, Panduan Penulisan Jurnal, dan Kover Belakang Editor Jurnal
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol. 5 No. 2 September 2018
Publisher : Prodi PPKn FKIP Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkn.v5i2.y2018.p%p

Abstract

Page 1 of 10 | Total Record : 95