Jurnal E-Bis: Ekonomi Bisnis
Vol 7 No 1 (2023)

Analisis Lingkungan Internal Dan Eksternal Untuk Perencanaan Strategi Bisnis : Studi Kasus Pada Umkm Della Bakery&Cake

Mira Veranita (Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya, Indonesia)
Gunardi Gunardi (Politeknik Pajajaran ICB, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 May 2023

Abstract

UMKM sebagai sektor bisnis yang menopang perekonomian Indonesia harus merencanakan strategi bisnis dengan tepat untuk menghadapi kompetisi dan perubahan-perubahan yang terjadi, yang meliputi aspek pemasaran produk dan layanan sampai operasional. Riset ini bertujuan membantu UMKM merumuskan strategi yang efektif berdasarkan analisis yang mendalam terhadap kondisi internal dan lingkungan eksternal perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus, dengan data primer dikumpulkan melalui depth interview, dan data sekunder diperoleh melalui obervasi dan studi literasi. Pemeriksaan kredibilitas dan narasi, triangulasi sumber dan triangulasi metode digunakan untuk memverifikasi keandalan data. Matriks IFE (Internal Factor Evaluation) dan EFE (External Factor Evaluation) digunakan untuk melakukan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa IFE dan EFE berada pada sel V dan strategi yang disarankan adalah pengembangan produk,penetrasi pasar,dan pengembangan pasar.kebutuhan dan tuntutan.

Copyrights © 2023