Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 4 No. 6 (2023): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)

Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Based Learning Pelajaran Fisika Pada Siswa Kelas X SMK Mahadhika 2 Jakarta Timur

Dwi Hari Purwanto (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia)
Supardi Uki Sajiman (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Problem Based Learning (PBL) yang memiliki tujuan untuk memfasilitasi siswa dalam memahami materi momentum dan impuls khususnya pada kelas X TAV serta untuk mempermudah siswa kelas X TAV dalam mempelajari materi momentum dan impuls dengan menggunakan permasalahan yang ada pada fenomena sehari-hari. Mempermudah guru dalam membuat proses pembelajaran yang aktif, menarik dan bervariatif.  Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis angket (kuesioner) dan model penelitian ini merupakan model Four D (4D) . Penelitian membutuhkan sebanyak tiga dosen ahli validasi, yang masing-masing adalah ahli materi, ahli desain dan ahli kebahasaan. Dalam penelitian dilakukan uji coba terbatas dengan sampel yang digunakan adalah siswa kelas X TAV sebanyak 6 orang dan uji coba diperluas dengan siswa sebanyak 16 orang. Data penelitian berupa angket angket penilaian yang dilakukan oleh dosen ahli, siswa dan juga guru pelajaran fisika. Dari penelitian, diperoleh penilaian sangat baik pada angket tiga dosen ahli, yaitu masing-masing sebesar 83,6% oleh ahli materi, 91,1% oleh ahli desain dan 100% oleh ahli kebahasaan. Serta hasil dari angket penilaian uji coba terbatas sebesar 78% dengan kategori baik dan uji coba diperluas sebesar 81% dengan kategori sangat baik. Hasil dari penilaian oleh guru didapatkan sebesar 86% dengan kategori sangat baik. Hal ini tentunya didapatkan simpulan penelitian bahwa LKS berbasis PBL dapat digunakan di kelas X TAV SMK Mahadhika 2 Jakarta Timur, membantu siswa dalam belajar serta mempermudah guru dalam menciptakan pembelajaran yang bervariatif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...