Sewagati
Vol 7 No 4 (2023)

Mitigasi Banjir Kawasan dengan Teknologi Otomasi Alat Ukur Tinggi Hujan dan Genangan

Muhammad Hafiizh Imaaduddiin (Departemen Teknik Infrastruktur Sipil, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Mohamad Khoiri (Departemen Teknik Infrastruktur Sipil, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Ismail Saud (Departemen Teknik Infrastruktur Sipil, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Berlian Al-Kindhi (Departemen Teknik Elektro Otomasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Anissa Nur Aini (Departemen Teknik Infrastruktur Sipil, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2023

Abstract

Perumahan Griya Taman Sari merupakan salah satu perumahan yang berada di Kelurahan Tambak Sumur, Kabupaten Sidoarjo yang mengalami permasalahan genangan Ketika hujan sedang turun. Saluran dalam kawasan tidak dapat menampung intensitas air hujan yang jatuh sehingga meluap ke permukaan jalan yang menyebabkan mobilitas warga perumahan menjadi terganggu. Untuk itu, tim abdi masyarakat melakukan peninjauan dan perencanaan terhadap permasalahan yang ada pada kawasan tersebut. Dilakukan survei topografi oleh tim pemetaan untuk mendapatkan kondisi eksisting kawasan. Selain itu, dilakukan perencanaan untuk alternatif pengendalian banjir oleh tim hidrologi dan hidrolika abdi masyarakat. Dari hasil analisa yang dilakukan oleh tim hidrologi dan hidrolika, diperoleh hasil alternatif pengendalian banjir dengan menggunakan long-storage untuk meminimalisir genangan yang terjadi pada kawasan Perumahan Griya Taman Sari. Warga Perumahan Griya Taman Sari juga dibekali teknologi otomasi alat pengukur tinggi air hujan dan genangan yang dirancang oleh tim prototipe guna memitigasi secara mandiri kemungkinan terjadi banjir pada saat hujan sedang turun. Dengan demikian, diharapkan banjir yang ada pada perumahan Griya Taman Sari dapat di minimalisir dan warga yang ada di kawasan dapat secara mandiri memitigasi banjir yang terjadi di kawasan Perumahan Griya Taman Sari, Tambak Sumur, Sidoarjo.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sewagati

Publisher

Subject

Humanities Education Engineering Social Sciences

Description

Sewagati : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat disingkat dengan nama Sewagati (e-ISSN: 2613-9960) adalah jurnal khusus pengabdian kepada masyarakat (abmas) yang berfungsi sebagai media diseminasi dan sosialisasi aktivitas pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Ruang lingkup jurnal meliputi: ...