Di era digital, penggunaan smarthphone saat ini sudah meluas hingga semua lapisan masyarakat. Berbagai aplikasi yang ada di smarthphone biasa digunakan dalam kegiatan pembelajaran, salah satu aplikasi yang sering digunakan adalah quizizz. Quizizz merupakan aplikasi berbasis game yang biasa digunakan untuk pretest maupun posttest. Dalam mata kuliah Kimia Terapan, evaluasi pembelajaran selama ini dilakukan secara tertulis. Melihat mahasiswa yang sangat tertarik bermain game dan sangat lekat dengan smarthphone, maka peneliti berinisiatif untuk melakukan penelitian ini. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penggunaan aplikasi quizizz dalam evaluasi pembelajaran untuk mata kuliah Kimia Terapan. Penelitian ini dilakukan di Politeknik Raflesia pada akhir semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 terhadap 26 mahasiswa teknik mesin Politeknik Raflesia yang mengambil mata kuliah Kimia Terapan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa mahasiswa merasa evaluasi pembelajaran dengan menggunakan aplikasi quizizz lebih mudah, lebih menarik dan hasil penilaian dirasa lebih objektif.
Copyrights © 2023