Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik kelas XI dalam materi statistika. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMK Angkasa 1 Kalijati tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 156 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dan mengambil kelas XI B TKR sebagai kelas eksperimen dan kelas XI D TKR sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen memperoleh pembelajaran dengan strategi pembelajaran MEA, sedangkan kelas kontrol memperoleh pembelajaran dengan metode pembelajaran biasa. kemampuan peserta didik dalam koneksi matematis setelah belajar dan melakukan penilaian sikap dengan menggunakan angket untuk mengetahui sikap peserta didik setelah selesai belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan koneksi matematis kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa penggunaan strategi MEA efektif terhadap koneksi matematis peserta didik kelas XI SMK Angkasa 1 Kalijati pada mata pelajaran statistika.
Copyrights © 2023