Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Vol. 4 No. 3 (2023): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)

Analisis Strategi Promosi Melalui Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dalam Upaya Peningkatan Volume Penjualan (Studi Pada Harapan Jaya Screen Printing Surabaya)

Rizky Thyto Ramadhan (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)
Yanda Bara Kusuma (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini menggunakan Harapan Jaya Screen Printing Surabaya yang merupakan salah satu sektor usaha dalam bidang fashion pakaian sebagai objek penelitian. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis strategi promosi melalui media sosial Instagram dalam upaya peningkatan penjualan. Metode penelitian yang dilakukan yaitu menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik analisis SWOT dan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam (in dept interview), observasi dan dokumentasi yang berkaitan dengan strategi promosi dalam mengidentifikasi kekuatan, kelemahan,peluang, dan ancaman pada Harapan Jaya Screen Printing Surabaya. Informan pada penelitian ini diantaranya owner atau pemilik, karyawan, serta konsumen. Hasil penelitian ini didapatkan hasil IFAS yang menunjukkan kekuatan dengan skor sebesar 2,26 dan kelemahan dengan skor 0,91. Sedangkan hasil EFAS menunjukkan peluang dengan skor sebesar 2,10 dan ancaman dengan skor 0,80. Berdasarkan diagram analisis SWOT, Harapan Jaya Screen Printing berada pada kuadran I dengan menggunakan strategi SO yaitu perusahaan memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada sehingga strategi yang dapat diterapkan adalah mendukung pertumbuhan kebijakan yang agrisif (growth oriented strategy) untuk meningkatkan penjualan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

msej

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) is published by Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of management (Finance, Human Resource, ...