Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Vol. 4 No. 3 (2023): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)

Pengaruh Implementasi Total Quality Management (TQM) Terhadap Efisiensi Produksi pada Industri Makanan di Indonesia: Sebuah Tinjauan Literature

Tharsisius Pabendon (STIE Jambatan Bulan)
Mahfudnurnajamuddin Mahfudnurnajamuddin (Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar)
Serlin Serang (Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Implementasi Total Quality Management (TQM) Terhadap Efisiensi Produksi pada Industri Makanan di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif berupa studi literatur pada bidang manajemen operasional. Pendekatan penulisan artikel ilmiah adalah dengan menggunakan metode kualitatif dan penelitian kepustakaan atau library research. Kumpulan Pustaka didiskusikan secara mendalam pada bagian literature atau literature review yang relevan, selanjutnya akan menjadi bahan perbandingan dengan hasil atau temuan dari penelitian sebelumnya untuk mengungkap kebenaran teori. Semua mengutip artikel ilmiah dari pencarian data Mendeley dan Google Scholar. Hasil review dari beberepa artikel menjelaskan bahwa penerapan total quality management (TQM) berdampak positif terhadap efisiensi biaya produksi khususnya di bidang produksi pangan. Hal ini dikarenakan penerapan TQM dalam manajemen operasi tidak hanya dapat menciptakan produk berkualitas tinggi, tetapi juga menekan biaya produksi perusahaan, sehingga tidak terjadi pemborosan dalam proses produksi. Dengan cara demikian akan mempengaruhi efisiensi biaya produksi dengan meningkatkan biaya kualitas produk.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

msej

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) is published by Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of management (Finance, Human Resource, ...