JURNAL ILMU PENDIDIKAN (JIP)
Vol 21, No 2 (2014): Juni 2014 - JURNAL ILMU PENDIDIKAN (JIP)

PENGEMBANGAN LKS INKUIRI TERINTEGRASI GENERIK SAINS PADA MATERI FLUIDA STATIS

Nasir, Muhammad ( Universitas mataram, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Hamzanwadi Selong)
Harjono, Ahmad ( Universitas mataram, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Hamzanwadi Selong)
Sridana, Nyoman ( Universitas mataram, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Hamzanwadi Selong)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2014

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangan LKS Inkuiri Terintegrasi Generik Sains (ITGS) pada materi pokok fluida statis. Metode penelitian ini adalah metode Research and Development (R & D). Pengembangan yang digunakan adalah Four D dari Thiagarajan, Semmel & Semmel. Tahapan Four D meliputi tahap define, design, develop, and disseminate. Desaian uji coba hasil pengembangan menggunkan one group pretest-posttes. Effektivitas LKS ITGS dianalisis menggunakan N gain dan uji t dua pihak. Kesimpulan penelitian ini meliputi 1) hasil validasi Tim Ahli menunjukkan LKS ITGS adalah sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran, 2) LKS ITGS yang diajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa, 3) LKS ITGS mendapat respon positif dari siswa SMAN 1 Aikmel, dan 4) profile LKS ITGS adalah memuat percobaan korelasi yang dianalisis menggunakan aspek-aspek generik sains dan disusun berdasarkan teori pembelajaran konstruktivisme. Kata kunci: LKS inkuiri terintegrasi generik sains dan fluida statis Abstract: The aim of this Study was to develop the inquiry integrated by science generic (IIBSG) student’s work sheet in materials of static fluid. The method of this research was research and Development (R & D). Development used four D from Tigarajan, semmel & Semmel. Steps four D include define, design, develop, and disseminate. Eksperiment of development result used one group pretest-posttes design. Effectiveness of IIBSG student’s work sheet was analyzed by N gain and t test two tiled. The conclution of this study include 1) expers appraisal of IIBSG student’s work sheet was very proper used in learning process, 2) IIBSG student’s work sheet that learned by guided inquiry effective to increase student’s cognitif learning outcomes, 3) IIBSG student’s work sheet was positif responded by students in state 1 Aikmel, and 4) Profile of IIBSG student’s work sheet include correlation experiment that result analized by science generic aspect and it developed from constructivisme theory learning. Keywords: IIBSG student’s work sheet and static fluid

Copyrights © 2014