cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JURNAL ILMU PENDIDIKAN (JIP)
Published by Universitas Mataram
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 13 Documents
ANALISIS TENTANG TANTANGAN DAN PENGARUH DUNIA KEPENULISAN TERHADAP KEHIDUPAN MASYARAKAT Jazadi, Iwan
JURNAL ILMU PENDIDIKAN (JIP) Vol 21, No 2 (2014): Juni 2014 - JURNAL ILMU PENDIDIKAN (JIP)
Publisher : Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Tulisan ini membahas literatur dan pengalaman atau pengamatan penulis tentang tantangan dan pengaruh dunia kepenulisan dalam tatanan sosial masyarakat Indonesia. Tantangan dunia kepenulisan ditelaah dari tiga perspektif: kontekstual-ekstrinsik, personal- intrinsik, dan teknis-kreatif. Pembahasan selanjutnya adalah tentang pengaruh dunia kepenulisan terhadap tatanan sosial yang meliputi pengaruh kognitif, psikologis, sosial dan ekonomi, serta perubahan pada individu pembaca dan masyarakat. Akhirnya, disimpulkan bahwa menulis memiliki tantangan yang kompleks, namun membawa ganjaran yang luar biasa bagi para penulis, pembaca dan masyarakat. Kata kunci: dunia kepenulisan, tantangan, pengaruh, tatanan sosial Abstract: This article discusses literature and experiences or observations of the writer about the challenges and impacts of writing towards Indonesian social order. Writing challenges are analysed in three perspectives: contextual-extrinsic, personal-intrinsic, and technical- creative. The impacts of writing discussed cover cognitive, psychological, social and economic impacts on individuals and society at large. Finally, it is concluded that writing faces complex challenges, but brings extraordinary rewards to writers, readers and general public. Key words: writing, challenges, impacts, social order
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS LOKAL UNTUK MEWUJUDKAN PARADIGMA BARU PADA PEMBELAJARAN PKN MI SE KOTA MATARAM Hamidsyukrie ZM, Hamidsyukrie ZM; Herianto, Edy; Rahayu, Dwi Istati
JURNAL ILMU PENDIDIKAN (JIP) Vol 21, No 3 (2014): JIP Des 2014 - JURNAL ILMU PENDIDIKAN (JIP)
Publisher : Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: This study aims to identify content of PKN teaching and learning, local values are widespread in target madrasahs that are widespread in madrashs as a material to construct an innovative learning model based on local values. The research was conducted in three MINs in Kota Mataram. There are MIN Punia, MIN Cakranegara, dan MIN Karang Baru. At the end of the study found an innovative learning model based on local values, in the form of manual activities for teaching and learning PKN, PKN Textbook, and journal articles. Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk menidentifikasikan isi pesan materi pembelajaran PKN nilai-nilai lokal yang berkembang di madrasah sasaran sebagai bahan utnuk menyusun kemungkinan model pembelajaran inovatif berbasis lokal. Penelitian dilaksanakan di tiga MIN se Kota Mataram, antara lain MIN Punia, MIN Cakranegara, dan MIN Karang Baru. Pada akhir kegiatan penelitian diperoleh hasil berupa model pembelajaran inovatif berbasis lokal pada mata pelajaran PKN di MI, dalam bentuk Panduan kegiatan pembelajaran PKN, Buku Ajar PKN, dan artikel ilmiah. Kata kunci: model pembelajaran inovatif, nilai-nilai lokal, paradigma baru PKN
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN STRATEGI MODELING PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV B SDN 4 ALAS SUMBAWA Kariadi, Muhammad; Sujana, Made
JURNAL ILMU PENDIDIKAN (JIP) Vol 21, No 2 (2014): Juni 2014 - JURNAL ILMU PENDIDIKAN (JIP)
Publisher : Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara dengan strategi modeling pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV b SDN 4 Alas dalam berbalas pantun. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan dalam 2 siklus dengan tahapan-tahapan yang dilaksanakan meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi kegiatan siswa, tes kemampuan berbicara melalui praktik berbalas pantun dan tes kemampuan siswa dalam menjawab soal uraian pada akhir KBM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I ketuntasan klasikal dalam praktik berbalas pantun adalah 69,75%, sementara hasil ulangan siswa secara klasikal mencapai ketuntasan 80%. Pada siklus II dalam praktik berbalas pantun ketuntasan secara klasikal mencapai 75%, sementara hasil ulangan siswa secara klasikan mencapai ketuntasan 100%. Kata kunci : Strategi Modeling, kemampuan berbicara, berbalas pantun. Abstract. The objective of the research is to increase the ability to speak using Bahasa Indonesia learning modeling strategy at 4th Class students of SDN No 4 Alas in berbalas pantun activity. The research was an action research which was done using two circles with four stages: plan, action, observation, and reflection. The data were collected using observation lists for teacher and student, test on the speaking ability through berbalas pantun activity, and the test on the students’ ability to answer essay questions at the end of teaching learning process. The result of the research shows that on the 1st Cicle, classical achievement on berbalas pantun practice was 69.75%, the achievement on answering essay question was 80%. On the 2nd Circle, classical achiement on berbalas pantun was 75%, and classical students’ achievement on answering the essay questions was 100%. Key words: modeling strategy, speaking ability, berbalas pantun.
PENDIDIKAN POLITIK DALAM PERSEPEKTIF PIAGAM MADINAH Suud, Suud
JURNAL ILMU PENDIDIKAN (JIP) Vol 21, No 2 (2014): Juni 2014 - JURNAL ILMU PENDIDIKAN (JIP)
Publisher : Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Pendidikan merupakan suatu tindakan sosial yang pelaksanaannya dimungkinkan melalui jaringan hubungan manusia. Jejaring ini bersama dengan hubungan dan peran individu di dalamnya yang membentuk dan menentukan sifat pendidikan di masyarakat. Nilainilai dalam pendidikan politik yang diimplementaskan oleh Nabi Muhammad SAW pada piagam madinah adalah salah satu contoh pendidikan yang sangat baik. Keberhasilan Rasulullah Muhammad SAW dengan menerapkan Piagam Madinah terbukti berhasil menanamkan nilai-nilai luhur Islam dalam menegakkan aturan hukum, sosial, dan agama sekaligus sebagai satu landasan pendidikan politik yang cemerlang. Keberhasilan ini membuktikan bahwa Rasulullah adalah seorang pemimpin dan pendidik yang sukses.Oleh karena itu, pendidikan politik saat ini dirasa perlu untuk mengadopsi kembali penerapan Piagam Madinah dalam mengembangkan pendidikan politik pada setiap bangsa yang beradab Kata Kunci : Pendidikan, Politik, Piagam Madinah Abstract: Education is a social action whose implementation is made possible through a network of human relationships. This network along with the relationships and roles of individuals in that shape and define the nature of education in the community. The values in the political education implemented by the Prophet Muhammad in Medina charter is one example of an excellent education. The success of the Prophet Muhammad by implementing the Charter of Medina proved successful in instilling noble values of Islam in enforcing the rule of law, social, and religious as well as a brilliant political education foundation. This success proves that the Prophet was a success leader and educator. Therefore, political education is now necessary to adopt the application of the Charter of Medina in developing political education in every civilized nation. Keyword: Education, Politic, Madina Charter
PENGARUH PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING DENGAN MENGGUNAKAN LKS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MADRASAH ALIYAH QAMARUL HUDA BAGU LOMBOK TENGAH Sudarmini, Yuyu; Kosim, Kosim; Hadiwijaya, Aos Santoso
JURNAL ILMU PENDIDIKAN (JIP) Vol 21, No 3 (2014): JIP Des 2014 - JURNAL ILMU PENDIDIKAN (JIP)
Publisher : Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing dengan menggunakan LKS terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPA MA Qamarul Huda Bagu Lombok Tengah. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang diambil secara simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan pretes dan postes untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa. Kategori Peningkatan keterampilan berpikir kritis dianalisis menggunakan rumus N-gain. Uji hipotesis menggunakan uji t dua sampel independen dengan bantuan program spss pada taraf signifikansi 0,05 (α = 5%). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing dengan menggunakan LKS terhadap kemampuan berpikir kritis siswa Madrasah Aliyah Qamarul Huda Bagu Lombok Tengah. Hal ini ditunjukan dengan nilai thitung=5,383lebih besar dari pada nilai sig=0,05. Kata kunci : Inkuiri terbimbing, LKS, keterampilan berpikir kritis. Abstract. This research aimed at knowing the influence of guided inquiry based physics learning using student worksheet toward critical thinking skill. The research conducted was experimental one. The population of this research was the students of MA Qamarul Huda Bagu, central Lombok, year eleven. The sample of the research consisted of 2 classes taken by simple random sampling technique. Data collecting technique used pretest and posttest to know the student’s critical thinking skill. The chategory of the critical thinking skill improvement was analyzed using N-gain formula. Hypothetical test used t-test with two independent samples by using SPSS at level of significance 0,05 (α = 5%). The research showed that there was influence of guided inquiry based physics learning using student worksheet toward critical thinking skill. This was shown by value of ttest = 5,383 was higher than that of sig = 0,05. Key words: guided inquiry, student worksheet, critical thinking skill.
EFEKTIVITAS BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS LEARNING CYCLE (LC) DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA SISWA Musanni, Musanni; Susilawati, Susilawati; Hadiwijaya, Aos Santosa Hadiwijaya
JURNAL ILMU PENDIDIKAN (JIP) Vol 21, No 2 (2014): Juni 2014 - JURNAL ILMU PENDIDIKAN (JIP)
Publisher : Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Proses pembelajaran fisika di kelas masih berpusat pada guru. Seperti ini tidak menarik dan membosankan bagi siswa, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar fisika siswa. Pembelajaran fisika seharusnya menekankan pada bagaimana seorang siswa dapat menguasai konsep fisika dengan baik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah mengemas materi-materi pembelajaran fisika dalam suatu bahan ajar berbasis suatu model yang sesuai dengan karakteristik fisika tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan bahan ajar fisika berbasis learning cycle dalam meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa. Objek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 5 Mataram tahun pelajaran 2012/2013 yang terdiri dari enam kelas. Penelitian menggunakan metode eksperimen pretest-posttest control group design. Sampel penilitian diambil melalui teknik simple random sampling sehingga diperoleh kelas XI IPA 2 dengan 33 siswa sebagai kelas eksprimen dengan bahan ajar baru dan kelas XI IPA 5 dengan 32 siswa sebagai kelas kontrol dengan bahan ajar lama. Data penelitian diambil melaui pemberian pretest dan posttest menggunakan soal penguasaan konsep fisika siswa terhadap kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis N-gain untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep fisika siswa pada masing-masing kelas dan analisis anakova untuk mengetahui efektivitas bahan ajar yang digunakan. Hasil analisis Ngain menunjukkan capaian skor 0,7 pada kelas ekperimen yang menunjukkan peningkatan penguasaan konsep fisika siswa bearada pada kategori tinggi dan capaian skor 0,6 pada kelas kontrol yang berada pada kategori sedang. Analisis anakova pada taraf signifikansi 5 % menunjukkan Fhitung = 7,54 > Ftabel = 4,00, yang membuktikan bahwa bahan ajar fisika berbasis learning cycle lebih efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa. Kata kunci: Efektivitas, bahan ajar fisika berbasis learning cycle, penguasaan konsep fisika Abstract: Learning of physics process in the class is still teacher centre. This learning isn’t interested and make boring for students. Learning of physics should stress for students how a student could master physics concept well. One of effort could be done, that is, to create physics subject in learning materials based on definite model that suit with the physics characteristic. This study aims to determine the effectiveness of the use of teaching materials physics-based learning cycle to improve student mastery of physics concepts. Research object is the entire student class XI Science SMAN 5 Mataram academic year 2012/2013 which consists of six classes. Research using experimental methods pretest-posttest control group. Research samples taken through simple random sampling technique to obtain class XI Science 2 class with 33 students as experiment with new teaching materials and class XI IPA 5 with 32 students as the control class with the old teaching materials. Data were taken through the provision of pretest and posttest using concepts about physics students mastery of experimental class and control class. Data were analyzed using N-gain analysis to determine the increase in mastery of the concepts of physics students in each class and Anacova analysis to determine the effectiveness of instructional materials used. N-Gain analysis of the results showed performance scores 0.7 in the experimental classes showed an increase in students mastery of physics concepts in the high category and achievement scores 0.6 in the control class in middle category. Analysis Anacova at 5% significance level of F = 7.54 showed > F = 4.00, which proves that the teaching materials of physics-based learning cycle is more effective in improving students mastery of physics concepts. Key words: Effectiveness, teaching materials physics-based learning cycle, mastery of physics concepts
PENGEMBANGAN LKS INKUIRI TERINTEGRASI GENERIK SAINS PADA MATERI FLUIDA STATIS Nasir, Muhammad; Harjono, Ahmad; Sridana, Nyoman
JURNAL ILMU PENDIDIKAN (JIP) Vol 21, No 2 (2014): Juni 2014 - JURNAL ILMU PENDIDIKAN (JIP)
Publisher : Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangan LKS Inkuiri Terintegrasi Generik Sains (ITGS) pada materi pokok fluida statis. Metode penelitian ini adalah metode Research and Development (R & D). Pengembangan yang digunakan adalah Four D dari Thiagarajan, Semmel & Semmel. Tahapan Four D meliputi tahap define, design, develop, and disseminate. Desaian uji coba hasil pengembangan menggunkan one group pretest-posttes. Effektivitas LKS ITGS dianalisis menggunakan N gain dan uji t dua pihak. Kesimpulan penelitian ini meliputi 1) hasil validasi Tim Ahli menunjukkan LKS ITGS adalah sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran, 2) LKS ITGS yang diajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa, 3) LKS ITGS mendapat respon positif dari siswa SMAN 1 Aikmel, dan 4) profile LKS ITGS adalah memuat percobaan korelasi yang dianalisis menggunakan aspek-aspek generik sains dan disusun berdasarkan teori pembelajaran konstruktivisme. Kata kunci: LKS inkuiri terintegrasi generik sains dan fluida statis Abstract: The aim of this Study was to develop the inquiry integrated by science generic (IIBSG) student’s work sheet in materials of static fluid. The method of this research was research and Development (R & D). Development used four D from Tigarajan, semmel & Semmel. Steps four D include define, design, develop, and disseminate. Eksperiment of development result used one group pretest-posttes design. Effectiveness of IIBSG student’s work sheet was analyzed by N gain and t test two tiled. The conclution of this study include 1) expers appraisal of IIBSG student’s work sheet was very proper used in learning process, 2) IIBSG student’s work sheet that learned by guided inquiry effective to increase student’s cognitif learning outcomes, 3) IIBSG student’s work sheet was positif responded by students in state 1 Aikmel, and 4) Profile of IIBSG student’s work sheet include correlation experiment that result analized by science generic aspect and it developed from constructivisme theory learning. Keywords: IIBSG student’s work sheet and static fluid
IDENTIFIKASI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MELALUI ANALISIS INSTRUMEN PENILAIAN PADA PROGRAM STUDI MAGISTER PENDIDIKAN IPA UNIVERSITAS MATARAM Andayani, Yayuk; Hakim, Aliefman; Savalas, L.R.Telly
JURNAL ILMU PENDIDIKAN (JIP) Vol 21, No 3 (2014): JIP Des 2014 - JURNAL ILMU PENDIDIKAN (JIP)
Publisher : Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis keterampilan berpikir kritis yang dikembangan melalui instrumen penilaian pada Program studi Magister Pendidikan IPA Universitas Mataram. Instrumen penilaian yang dikembangkan oleh dosen- dosen pengampu matakuliah Program Studi Magister Pendidikan IPA (PSMIPA) Program Pascasarjana Universitas Mataram dicocokkan dengan indikator keterampilan berpikir kritis yang dikembangkan oleh Ennis (1985). Respon dosen- dosen pengampu matakuliah PSMIPA Program Pascasarjana Universitas Mataram terhadap hasil analisis instrumen penilaian dan indikator berpikir kritis dijaring melalui FGD. Dalam kegiatan FGD juga diidentifikasi pola dan strategi pembelajaran yang dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis di PSMPIPA Unram. Hasil penelitian menunjukkan sub indikator keenam keterampilan berpikir kritis yaitu keterampilan membuat deduksi dan mempertimbangkan hasil deduksi sebanyak 26,7% dan sub indikator kedua yaitu menganalisis argumen sebanyak 32,2% merupakan sub indikator paling banyak digunakan dalam instrumen penilaian PSMIPA Program Pascasarjana Universitas Mataram. Dari hasil FGD disimpulkan bahwa instrumen penilaian yang dikembangkan harus lebih mendorong mahasiswa untuk berpikir kritis dari katagori yang sederhana menuju ke kompleks dan instrumen dapat berupa penugasan atau ujian yang sifatnya open books atau take home. Kata kunci: Keterampilan berpikir kritis, instrumen penilaian Abstract: The purpose of this study is to determine the kinds of critical thinking skills which are developed through assessment instruments in Science Education Program, Graduate School University of Mataram. Assessment instruments were developed by lecturers of Science Education Program, Graduate School University of Mataram that were matched with indicators of critical thinking skills Ennis (1985). Lecturer responses on the study results were captured through Focus Group Discussion (FGD). FGD also identified the patterns and learning strategies that can develop critical thinking skills in Science Education Program, Graduate School University of Mataram. The results showed that the sub-indicators of made deduction and deduction considered (26.7%) and sub-indicator of analyzed arguments (32.2%) were the most widely used in the assessment instruments of Science Education Program, Graduate School University of Mataram. FGD results concluded that the assessment should be developed to encourage students to think critically from the simple category to complex category, and the instrument can be an assignment or examination which is conducted an open books or take home. Keywords: Critical thinking skills, assessment instruments, Master of Science Education
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD BERBASIS MULTI MEDIA INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI TERMODINAMIKA Jamuri, Jamuri; Kosim, Kosim; Doyan, Aris
JURNAL ILMU PENDIDIKAN (JIP) Vol 21, No 2 (2014): Juni 2014 - JURNAL ILMU PENDIDIKAN (JIP)
Publisher : Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak :Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis multimedia interaktif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa,. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelasXI IPA di SMAN 5 Mataram. Sampel yang terpilih adalah dua kelas yang diambil secara simple random sampling yang berjumlah 73 siswa dengan rincian 37 siswa kelas eksperimen dan 36 siswa kelas kontrol. Data penelitian diambil melaui pemberian pretest dan posttest menggunakan soal kemampuan pemecahan masalah siswa terhadap kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis N-gain untuk mengetahui prosentase peningkatan kemampuan pemecahan masalh siswa pada masing-masing kelas dan analisis ANAVA untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif STAD berbasis multimedia interaktif terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi termodinamika. Hasil analisis N-gain menunjukkan nilai mencapai 81 % pada kelas ekperimen yang menunjukkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dan bearada pada kategori tinggi, sedangkan untuk kelas kontrol peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa mencapaian nilai 46% yang berada pada kategori sedang. Analisis ANAVA pada taraf signifikansi 5 % menunjukkannilai signifikansi yang dihasilkan 0,000 < 0,05 dari taraf signifikansi yang digunakan.Berdasarkan hasil analisis ANAKOVA diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis multimedia interaktif dalam pembelajaran Termodinamika berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif, multimedia pembelajaran interaktif, kemampuan pemecahan masalah. Abstract : The objective of this study is : To know The influence of learning cooperative STAD model based on interactive multi media toward student’s ability in problem solving of thermodynamics.Type of study done ,is experimental research by pretest-post test control group design. Population study is XI grade of Science students in SMAN 5 Mataram. The sample was chosen two classes which taken 73 students with random sampling which consisted of 37 students for experiment and 36 students for control. In this research taken through pretest and posttest by using the ability of problem solving student test toward experiment class and control class. The data analyzed by using N- gain to know the increase percentage of problem solving of student’s ability in each class. And ANAVA analysis to know cooperative learning model of STAD type based on interactive multi media toward the mastery of student concept in thermodynamics. Analysis result ofN -gain shows that value reaches 81% with high category in mastery of student concept in experiment class. Whereas, the mastery of student concept in control class reaches 46% with average category. ANAVA analysis in significant level 5% shows significant score gotten 0,000 0,05 from significant level used. Based on the result of ANAVA analysis could be con- cluded that the use of cooperative learning model of STAD type based on interactive multimedia in learning thermodynamics influence toward the ability of student in problem solving Keywords: Learning Cooperative, Interactive Multi Media learning, Mastery Concept and problem solving ability
Persepsi Masyarakat Terhadap Pendidikan Sekolah Bagi Kaum Perempuan di Dusun Dasan Bongkot, Desa Kalijaga, Kecamatan Aikmel, Lombok Timur Basariah, Basariah; Hamidsyukrie ZM, Hamidsyukrie ZM; Dahlan, Dahlan
JURNAL ILMU PENDIDIKAN (JIP) Vol 21, No 2 (2014): Juni 2014 - JURNAL ILMU PENDIDIKAN (JIP)
Publisher : Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui persepsi masyarakat terhadap pendidikan sekolah bagi kaum perempuan, 2) mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya pendidikan sekolah bagi kaum perempuan, dan 3) mengetahui alasan-alasan masyarakat menomorduakan pendidikan bagi kaum perempuan di Dusun Dasan Bongkot, Desa Kalijaga, Kecamatan Aikmel, Lombok Timur. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penentuan informan menggunakan purposive sampling, sedangkan informan ditentukan dengan menggunakan snowball sampling. Data diperoleh melalui dokumentasi, wawancara, dan observasi. Untuk analisis data, digunakan analisis data kualitatif dengan tahap-tahap: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, membuat kesimpulan sementara, dan membuat kesimpulan akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi masyarakat terhadap pendidikan sekolah bagi perempuan sangatlah penting. Tetapi banyak perempuan memiliki pendidikan sekolah yang rendah disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor internal berupa tidak adanya kemauan dari diri perempuan memperjuangkan haknya untuk memiliki pendidikan yang layak dan eksternal berupa adanya anggapan miring masyarakat terhadap perempuan yang berusia SMA tetapi belum menikah sebagai perawan tua. Selain itu, ada dua alasan penomorduaan pendidikan sekolah bagi perempuan, yaitu alasan ekonomi, bahwa masyarakat tidak memiliki biaya untuk melanjutkan sekolah anaknya, dan sosial budaya, nilai-nilai patriarki yang dianut oleh masyarakat bahwa meskipun perempuan memiliki pendidikan sekolah yang tinggi, pada akhirnya akan di dapur dan akan mengurus rumah tangganya. Kata kunci: Persepsi, pendidikan, perempuan, gender. The Percep􀀉on Of Society Towards Educa􀀉on For Women In Dasan Bongkot, Kalijaga Village, Aikmel Subdistrict, East Lombok Regency Abstract: The purpose of this research is to (1) know the perception of society towards education especially for woman; (2) find any factors decreasing the quality of education in school for woman; (3) discover any reasons of why society in Dasan Bongkot, Kalijaga Village, Aikmel subdistrict, East Lombok commonly ignore the importance of education for woman. This research uses qualitative approach with descriptive method. Informants in this research are taken through purposive sampling, and they are taken through snowball sampling. The techniques used to collect data are documentation, interview, and observation. The data is analized through the following ways: data collection, data reduction, data preparation, organizing both tentative and final conclusion. The result of this research shows that society’s points of view of education for woman are really important. However, woman whose low education mostly caused by two factors, they are internal and external factor. Internal factor can be identified from the non existence of willingness from women themselves to keep their right to own reasonable education, and the external one is the misassumption of society that woman who has not gotten married yet while reaching teenage is a spinster. In addition, there are two more reasons for this case; first is economical reason that parents have no adequate money to pay for their daughter fee of school. The second one is about social culture that people generally believe in patriarchal values, it is although a woman is involved in higher education; inevitably she should execute her destiny as a woman that is being a good housewife who works at home. Keywords: perception, education, women, gender.

Page 1 of 2 | Total Record : 13