Abstrak :Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran
kooperatif tipe STAD berbasis multimedia interaktif terhadap kemampuan pemecahan
masalah siswa,. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen pretest-posttest
control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelasXI IPA di SMAN 5 Mataram.
Sampel yang terpilih adalah dua kelas yang diambil secara simple random sampling yang
berjumlah 73 siswa dengan rincian 37 siswa kelas eksperimen dan 36 siswa kelas kontrol.
Data penelitian diambil melaui pemberian pretest dan posttest menggunakan soal kemampuan
pemecahan masalah siswa terhadap kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data yang diperoleh
dianalisis menggunakan analisis N-gain untuk mengetahui prosentase peningkatan
kemampuan pemecahan masalh siswa pada masing-masing kelas dan analisis ANAVA untuk
mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif STAD berbasis multimedia interaktif
terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi termodinamika. Hasil analisis N-gain
menunjukkan nilai mencapai 81 % pada kelas ekperimen yang menunjukkan peningkatan
kemampuan pemecahan masalah siswa dan bearada pada kategori tinggi, sedangkan untuk
kelas kontrol peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa mencapaian nilai 46%
yang berada pada kategori sedang. Analisis ANAVA pada taraf signifikansi 5 % menunjukkannilai
signifikansi yang dihasilkan 0,000 < 0,05 dari taraf signifikansi yang
digunakan.Berdasarkan hasil analisis ANAKOVA diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan
model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis multimedia interaktif dalam
pembelajaran Termodinamika berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.
Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif, multimedia pembelajaran interaktif, kemampuan
pemecahan masalah.
Abstract : The objective of this study is : To know The influence of learning cooperative
STAD model based on interactive multi media toward studentâs ability in problem solving
of thermodynamics.Type of study done ,is experimental research by pretest-post test control
group design. Population study is XI grade of Science students in SMAN 5 Mataram.
The sample was chosen two classes which taken 73 students with random sampling which
consisted of 37 students for experiment and 36 students for control.
In this research taken through pretest and posttest by using the ability of problem solving
student test toward experiment class and control class. The data analyzed by using N- gain
to know the increase percentage of problem solving of studentâs ability in each class. And
ANAVA analysis to know cooperative learning model of STAD type based on interactive
multi media toward the mastery of student concept in thermodynamics. Analysis result ofN
-gain shows that value reaches 81% with high category in mastery of student concept in
experiment class. Whereas, the mastery of student concept in control class reaches 46% with
average category. ANAVA analysis in significant level 5% shows significant score gotten
0,000 0,05 from significant level used. Based on the result of ANAVA analysis could be
con- cluded that the use of cooperative learning model of STAD type based on interactive
multimedia in learning thermodynamics influence toward the ability of student in
problem solving
Keywords: Learning Cooperative, Interactive Multi Media learning, Mastery Concept and
problem solving ability
Copyrights © 2014