JURNAL ILMU PENDIDIKAN (JIP)
Vol 21, No 2 (2014): Juni 2014 - JURNAL ILMU PENDIDIKAN (JIP)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD BERBASIS MULTI MEDIA INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI TERMODINAMIKA

Jamuri, Jamuri ( Universitas Mataram)
Kosim, Kosim ( Universitas Mataram)
Doyan, Aris ( Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2014

Abstract

Abstrak :Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis multimedia interaktif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa,. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelasXI IPA di SMAN 5 Mataram. Sampel yang terpilih adalah dua kelas yang diambil secara simple random sampling yang berjumlah 73 siswa dengan rincian 37 siswa kelas eksperimen dan 36 siswa kelas kontrol. Data penelitian diambil melaui pemberian pretest dan posttest menggunakan soal kemampuan pemecahan masalah siswa terhadap kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis N-gain untuk mengetahui prosentase peningkatan kemampuan pemecahan masalh siswa pada masing-masing kelas dan analisis ANAVA untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif STAD berbasis multimedia interaktif terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi termodinamika. Hasil analisis N-gain menunjukkan nilai mencapai 81 % pada kelas ekperimen yang menunjukkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dan bearada pada kategori tinggi, sedangkan untuk kelas kontrol peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa mencapaian nilai 46% yang berada pada kategori sedang. Analisis ANAVA pada taraf signifikansi 5 % menunjukkannilai signifikansi yang dihasilkan 0,000 < 0,05 dari taraf signifikansi yang digunakan.Berdasarkan hasil analisis ANAKOVA diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis multimedia interaktif dalam pembelajaran Termodinamika berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif, multimedia pembelajaran interaktif, kemampuan pemecahan masalah. Abstract : The objective of this study is : To know The influence of learning cooperative STAD model based on interactive multi media toward student’s ability in problem solving of thermodynamics.Type of study done ,is experimental research by pretest-post test control group design. Population study is XI grade of Science students in SMAN 5 Mataram. The sample was chosen two classes which taken 73 students with random sampling which consisted of 37 students for experiment and 36 students for control. In this research taken through pretest and posttest by using the ability of problem solving student test toward experiment class and control class. The data analyzed by using N- gain to know the increase percentage of problem solving of student’s ability in each class. And ANAVA analysis to know cooperative learning model of STAD type based on interactive multi media toward the mastery of student concept in thermodynamics. Analysis result ofN -gain shows that value reaches 81% with high category in mastery of student concept in experiment class. Whereas, the mastery of student concept in control class reaches 46% with average category. ANAVA analysis in significant level 5% shows significant score gotten 0,000 0,05 from significant level used. Based on the result of ANAVA analysis could be con- cluded that the use of cooperative learning model of STAD type based on interactive multimedia in learning thermodynamics influence toward the ability of student in problem solving Keywords: Learning Cooperative, Interactive Multi Media learning, Mastery Concept and problem solving ability

Copyrights © 2014