JURNAL ILMU PENDIDIKAN (JIP)
Vol 21, No 2 (2014): Juni 2014 - JURNAL ILMU PENDIDIKAN (JIP)

Persepsi Masyarakat Terhadap Pendidikan Sekolah Bagi Kaum Perempuan di Dusun Dasan Bongkot, Desa Kalijaga, Kecamatan Aikmel, Lombok Timur

Basariah, Basariah ( Universitas Mataram)
Hamidsyukrie ZM, Hamidsyukrie ZM ( Universitas Mataram)
Dahlan, Dahlan ( Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2014

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui persepsi masyarakat terhadap pendidikan sekolah bagi kaum perempuan, 2) mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya pendidikan sekolah bagi kaum perempuan, dan 3) mengetahui alasan-alasan masyarakat menomorduakan pendidikan bagi kaum perempuan di Dusun Dasan Bongkot, Desa Kalijaga, Kecamatan Aikmel, Lombok Timur. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penentuan informan menggunakan purposive sampling, sedangkan informan ditentukan dengan menggunakan snowball sampling. Data diperoleh melalui dokumentasi, wawancara, dan observasi. Untuk analisis data, digunakan analisis data kualitatif dengan tahap-tahap: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, membuat kesimpulan sementara, dan membuat kesimpulan akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi masyarakat terhadap pendidikan sekolah bagi perempuan sangatlah penting. Tetapi banyak perempuan memiliki pendidikan sekolah yang rendah disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor internal berupa tidak adanya kemauan dari diri perempuan memperjuangkan haknya untuk memiliki pendidikan yang layak dan eksternal berupa adanya anggapan miring masyarakat terhadap perempuan yang berusia SMA tetapi belum menikah sebagai perawan tua. Selain itu, ada dua alasan penomorduaan pendidikan sekolah bagi perempuan, yaitu alasan ekonomi, bahwa masyarakat tidak memiliki biaya untuk melanjutkan sekolah anaknya, dan sosial budaya, nilai-nilai patriarki yang dianut oleh masyarakat bahwa meskipun perempuan memiliki pendidikan sekolah yang tinggi, pada akhirnya akan di dapur dan akan mengurus rumah tangganya. Kata kunci: Persepsi, pendidikan, perempuan, gender. The Percep􀀉on Of Society Towards Educa􀀉on For Women In Dasan Bongkot, Kalijaga Village, Aikmel Subdistrict, East Lombok Regency Abstract: The purpose of this research is to (1) know the perception of society towards education especially for woman; (2) find any factors decreasing the quality of education in school for woman; (3) discover any reasons of why society in Dasan Bongkot, Kalijaga Village, Aikmel subdistrict, East Lombok commonly ignore the importance of education for woman. This research uses qualitative approach with descriptive method. Informants in this research are taken through purposive sampling, and they are taken through snowball sampling. The techniques used to collect data are documentation, interview, and observation. The data is analized through the following ways: data collection, data reduction, data preparation, organizing both tentative and final conclusion. The result of this research shows that society’s points of view of education for woman are really important. However, woman whose low education mostly caused by two factors, they are internal and external factor. Internal factor can be identified from the non existence of willingness from women themselves to keep their right to own reasonable education, and the external one is the misassumption of society that woman who has not gotten married yet while reaching teenage is a spinster. In addition, there are two more reasons for this case; first is economical reason that parents have no adequate money to pay for their daughter fee of school. The second one is about social culture that people generally believe in patriarchal values, it is although a woman is involved in higher education; inevitably she should execute her destiny as a woman that is being a good housewife who works at home. Keywords: perception, education, women, gender.

Copyrights © 2014