Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer (JAKK)
Vol 6, No 1 (2023): Oktober 2022-Mei 2023

PENGARUH MOTIVASI KARIER, PERSEPSI BIAYA DAN TINGKAT PEMAHAMAN MAHASISWA TERHADAP MINAT MAHASISWA AKUNTANSI MENGIKUTI PPAK DAN SERTIFIKASI CHARTERED ACCOUNTANT (CA) (STUDI PADA MAHASISWA AKUNTANSI UIGM ANGKATAN 2019 DAN 2020)

Desti Rahma Sari (Universitas Indo Global Mandiri)
Leriza Desitama Anggraini (Universitas Indo Global Mandiri)
Reny Aziatul Pebriani (Universitas Indo Global Mandiri)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi karier, persepsi biaya, dan tingkat pemahaman mahasiswa terhadap minat mahasiswa akuntansi mengikuti PPAk dan Serifikasi Chartered Accountant (CA). Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner melalui link google form kemudian diolah dengan bantuan SPSS versi 26.0 for windows. Populasi dan sampel pada penelitian ini ialah mahasiswa akuntansi Universitas Indo Global Mandiri angkatan 2019 dan 2020, jumlah sampel sebanyak 107 responden. Metode yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian. Hasil penelitian secara bersama-sama menunjukkan bahwa variabel motivasi karier ), persepsi biaya ), dan tingkat pemahaman mahasiswa ), berpengaruh terhadap variabel minat mahasiswa akuntansi mengikuti PPAk dan Sertifikasi Chartered Accountant (CA) (Y).  Dimana nilai    yaitu 26,307 2,69 atau nilai signifikansi sebesar 0,000 0,05. Kata Kunci: Motivasi Karier, Persepsi Biaya, Tingkat Pemahaman  Mahasiswa, Minat Mahasiswa Akuntansi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JAKK

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JAKK | Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer adalah Jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Magister Akuntansi Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. JAKK menerima tulisan yang berasal dari hasil penelitian, literatur riview, konseptual pada lingkup akuntansi keuangan, ...