cover
Contact Name
Edisah Putra
Contact Email
edisahputra@umsu.ac.id
Phone
+6282165975455
Journal Mail Official
jakk@umsu.ac.id
Editorial Address
Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jl. Denai no 217 Medan 20226 Telp; 061-88811104 Email :jakk@umsu.ac.id
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer (JAKK)
ISSN : 26232596     EISSN : 26232596     DOI : https://doi.org/10.30596/jakk.v3i1.5700
Core Subject : Economy,
JAKK | Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer adalah Jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Magister Akuntansi Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. JAKK menerima tulisan yang berasal dari hasil penelitian, literatur riview, konseptual pada lingkup akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, akuntansi syariah, akuntansi sektor publik, audit, sistem informasi akuntansi, dan akuntansi perpajakan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 75 Documents
Analisis Pengukuran Kinerja Keuangan Menggunakan Dupont System Nurul ‘Izzah Lubis
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer (JAKK) Vol 1, No 1 (2018): Juni 2018 - Oktober 2018
Publisher : Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer (JAKK)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jakk.v1i1.3806

Abstract

Analisis kinerja keuangan sebuah perusahaan sangat penting untuk dilakukan, baik dengan perbandingan laporan keuangan industri sejenis maupun perbedaan periode satu tahun ke tahun berikutnya. PT. Astra Internasional Tbk. adalah perusahaan yang bergerak di bidang otomotif dan banyak melakukan perkembangan dalam dunia bisnis. Tujuan penelitian ini sesuai dengan pertanyaan penelitian yang ada, yaitu untuk menganalisis dan mengetahui penyebab penurunan kinerja keuangan pada PT. Astra Internasional Tbk. dengan membandingkan standar rata-rata industri menggunakan metode analisis DuPont System untuk periode 2009-2013. DuPont System adalah suatu metode yang dapat digunakan untuk menganalisis laporan keuangan dengan menggabungkan empat rasio yaitu Net Profit Margin (NPM), Total Assets Turnover (TATO), Return On Investment (ROI) dan Return On Equity (ROE). Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk penelitian ini adalah studi dokumentasi dan empirik, dengan teknik analisa data yaitu analisis DuPont System (analisis laporan keuangan) dan analisis Statistik Deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan, diketahui bahwa PT. Astra Internasional Tbk. Tiap tahunnya mengalami peningkatan pendapatan, laba, aset dan ekuitas. Namun jika dilihat dari keempat rasio gabungan DuPont System, perusahaan ini mempunyai kinerja keuangan yang cenderung menurun, terutama mulai tahun 2011 hingga 2013 jika dibandingkan dengan rata-rata industri yang telah ditetapkan.  
Analisis Kinerja Keuangan Menggunakan Metode Economic Value Added (EVA Citra Windy Lubis
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer (JAKK) Vol 1, No 1 (2018): Juni 2018 - Oktober 2018
Publisher : Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer (JAKK)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jakk.v1i1.3807

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan pada PT Trans Surya Nigantara Medan selama tahun 2010 s/d tahun 2013 dan untuk menganalisis kinerja keuangan dengan menggunakan metode EVA (Economic Value Added). Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis NOPAT, menganalisis biaya modal, dan menganalisis EVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan pada tahun 2010 dapat menghasilkan nilai EVA sebesar Rp 2.664.278, pada tahun 2011 nilai EVA sebesar  Rp (17.988.524), pada tahun 2012 nilai EVA sebesar Rp  6.581.931, dan pada tahun 2013 nilai EVA sebesar Rp 699.375. Hal ini menunjukkan bahwa dari hasil analisis kinerja keuangan dengan metode EVA, cenderung menghasilkan nilai EVA yang positif yang artinya kinerja keuangan perusahaan dalam kondisi sehat sehingga perusahaan mampu menghasilkan nilai tambah ekonomis atau menambah kekayaan dari pemillik perusahaan akan tetapi pada tahun 2011 kinerja keuangan perusahaan menghasilkan nilai EVA yang negatif sehingga pada tahun ini perusahaan tidak mampu menghasilkan nilai tambah ekonomis karena kinerja keuangan perusahaan pada kondisi yang tidak sehat akan tetapi perusahaan tetap dalam keadaan memperoleh laba. EVA merupakan laporan pendukung untuk melengkapi laporan keuangan perusahaan guna untuk menambah informasi sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan yang baik untuk perusahaan.
Analisis Kinerja Keuangan Menggunakan Rasio Likuiditas Dan Profitabilitas Emi Masyita; Kahar Karya Sarjana Harahap
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer (JAKK) Vol 1, No 1 (2018): Juni 2018 - Oktober 2018
Publisher : Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer (JAKK)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jakk.v1i1.3826

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana kinerja keuangan menggunakan Rasio Likuiditas dan Rasio ProfitabilitaspadaPT. Perkebunan Nusantara II (Persero)apabila diukur dengan menggunakan Keputusan Mentri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) KEP-100/MBU/2002.Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa rasio likuiditas yaitu cash ratio pada tahun 2010 sampai 2014 nilainya belum mencapai Standar Mentri BUMN. Current ratio pada 5 tahun tersebut, nilainya juga belum mencapai Standar Mentri BUMN.Hal ini menunjukan perusahaan belum mampu membayar hutang lancarnya dengan aktiva lancar dan kas yang tersedia di perusahaan. Dan dari segi profitabilitas yaitu return on investment (ROI) di nilai kurang baik karena nilainya tidak mencapai Standar Mentri BUMN, sedangkan return on equity (ROE) pada tahun 2011 di katakan baik karena nilainya melebihi Standar BUMN, namun di tahun 2010,2012,2013,2014 dikatakan kurang baik karena nilainya tidak mencapai Standar BUMN. Bahkan ditahun 2013 dan 2014 perusahaan mengalami kerugian. Hal ini menunjukan bahwa kinerja keuangan perusahaan kurang baik.
Pengaruh Perputaran Kas Terhadap Profitabilitas Perusahaan SAYYIDATUN NISA
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer (JAKK) Vol 1, No 1 (2018): Juni 2018 - Oktober 2018
Publisher : Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer (JAKK)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jakk.v1i1.3827

Abstract

PT. Pos Indonesia (Persero) Medan 20000 merupakan sebuah badan usaha milik negara (BUMN) Indonesia yang bergerak dibidang layanan pos dan giro. Sama halnya seperti perusahaan lain yang berskala besar atau kecil akan mempunyai perhatian besar di bidang keuangan, agar perusahaan dapat bertahan atau bahkan bisa tumbuh dan berkembang harus mencermati kondisi perusahaan yang sebenarnya. Perusahaan yang mempunyai profitabilitas yang baik, maka kelangsungan hidup perusahaan akan terjamin. Begitu pula perputaran kas yang tinggi dapat menilai tingkat pencapaian kesuksesan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh perputaran kas terhadap profitabilitas (Operating profit margin/OPM) pada PT. Pos Indonesia (Persero) Medan 20000.Operating profit margin (OPM) merupakan salah satu rasio profitabilitas yang digunakan untuk mengukur kemampuan tingkat keuntungan bersih yang diperoleh tiap rupiah penjualan maupun pendapatan. Rasio ini bermanfaat untuk mengukur keseluruhan efektivitas operasional perusahaan. Semakin tinggi laba operasional yang dihasilkan dari pendapatan maka semakin baik pula bagi perusahaan.Teknik analisis data penelitian ini menggunakan statistik deskriptif data, uji normalitas, uji korelasi spearman dan kendal. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa hasil uji kendal dan spearman menunjukkan bahwa secara persial perputaran kas terdapat korelasi negatif dan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Operating Profit Margin (OPM).
Pengaruh Pertimbangan Moral Auditor Terhadap Kualitas Audit Dengan Pengalaman Auditor Sebagai Variabel Intervening Pada Kantor Akuntan Publik Di DKI Jakarta Selatan Dan Kabupaten Tangerang Jailani Jailani; Makmuri Ahdi; Rilla Gantino
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer (JAKK) Vol 1, No 1 (2018): Juni 2018 - Oktober 2018
Publisher : Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer (JAKK)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jakk.v1i1.3828

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Kantor Akuntan Publik di DKI Jakarta Selatan dan Kabupaten Tangerang, Penelitian ini dimotivasi dengan masih banyaknya kasus yang terjadi pada auditor KAP mengenai pertimbangan moral auditor yang berujung kepada pelanggaran etika profesi terhadap kualitas audit. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertimbangan moral berpengaruh kurang signifikan tehadap pengalaman auditor, sedangkan pengalaman auditor berpengaruh signifikan dan positif terhadap kualitas audit. 
Aktivitas Penjualan Dengan Pemanfaatan Sistem Informasi Sri Dewi Anggadini
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer (JAKK) Vol 1, No 1 (2018): Juni 2018 - Oktober 2018
Publisher : Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer (JAKK)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jakk.v1i1.3829

Abstract

CV. Adjienyoman Fiberglass adalah perusahaan yang memproduksi barang yang terbuat dari resin/fiberglass didirikan pada tahun 2006 oleh Rizal. Barang yang terbuat dari resin/fiberglass ini jauh lebih awet dibandingkan plastik dan besi dan bahan ini pun banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan khususnya manufaktur agar saluran pembuangan limbah lebih tahan lama jika terkena bahan kimia. Metode penelitian dalam pengembangan sistem ini dengan menerapkan Object Oriented Analyst and Design dengan menerapkan bahasa pemodelan Unified Modeling Language (UML). Pemanfaatan sistem  informasi  penjualan  ini, dapat meningkatkan sistem promosi penjualan Adjie Nyoman Fiberglass dalam aktivitas sehari-hari dan membantu mengembangkan usahanya yang selama ini berjalan dengan baik.
Volume Usaha Serta Dampaknya Terhadap Sisa Hasil Usaha (SHU) Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Kabupaten Simalungun Khairul Azwar
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer (JAKK) Vol 1, No 1 (2018): Juni 2018 - Oktober 2018
Publisher : Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer (JAKK)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jakk.v1i1.3830

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh modal sendiri dan modal luar terhadap volume usaha baik secara parsial maupun simultan. Untuk menguji dan menganalisis pengaruh modal sendiri, modal luar, dan volume usaha terhadap SHU baik secara parsial maupun simultan. Untuk menguji dan menganalisis pengaruh modal sendiri dan modal luar secara parsial terhadap SHU dengan volume usaha sebagai variabel intervenig. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif, yakni menguji dan menganalisis data dengan perhitungan angka-angka dan kemudian menarik kesimpulan dari pengujian tersebut dengan teknik analisis jalur. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh KPRI Kabupaten Simalungun dengan periode penelitian tahun 2012-2015. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode sampling jenuh atau sensus yang berjumlah 36 koperasi.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa modal sendiri dan modal luar secara parsial berpengaruh signifikan terhadap volume usaha. Modal sendiri dan modal luar  secara simultan berpengaruh signifikan terhadap volume usaha. Modal sendiri secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap SHU. Modal luar secara parsial berpengaruh negatif terhadap SHU  Akan tetapi, volume usaha berpengaruh signifikan secara parsial terhadap SHU. Modal sendiri, modal luar, dan volume usaha secara simultan berpengaruh signifikan terhadap SHU. Volume usaha merupakan variabel intervening antara variabel modal sendiri terhadap SHU. Volume usaha bukan merupakan variabel intervening antara variabel modal luar terhadap SHU.
Pengaruh Kebijakan Penyusunan Anggaran, Penerapan Anggaran Dan Belanja Daerah Berbasiskinerja Terhadap Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Provinsi Sumatera Utara RIZKI HASANAH DAMANIK
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer (JAKK) Vol 1, No 1 (2018): Juni 2018 - Oktober 2018
Publisher : Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer (JAKK)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jakk.v1i1.3831

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris (1).pengaruh kebijakan penyusunan anggaran berbasis kinerja terhadap akuntabilitas kinerja, (2). penerapan  anggaran berbasis kinerja terhadap akuntabilitas kinerja,(3). belanja daerah berbasis kinerja terhadap akuntabilitas kinerja serta untuk mengetahui seberapa besa rpengaruh tersebut baik secar aparsial maupun secara simultan. Penelitian inidilaksanakan diProvinsi Sumatera Utara.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Asosiatif. Pengumpulan data dan informasi dilakukan dengan melalui kuesioner sebagai alat penelitian yang disebar kepada Seluruh SKPD yang hanya berkaitan dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD). Data yang digunakan untuk penelitian ini adalah data kualitatif yang dikuantitatifkan dengan menggunakan skala interval dan dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa (1). Kebijakan penyusunan anggaran tidak berpengaruh terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, (2). Penerapananggaran berpengaruh terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, (3). Belanja daerah berbasis kinerja berpengaruh terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, (4) Kebijakan penyusunan anggaran, penerapan anggaran, belanja daerah berbasis kinerja secara simultan berpengaruh terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah
Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Tax Hindrance Dengan Institusional Ownership Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia SUHADI SUHADI
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer (JAKK) Vol 1, No 1 (2018): Juni 2018 - Oktober 2018
Publisher : Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer (JAKK)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jakk.v1i1.3832

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu faktor-faktor yang mempengaruhi tax  hindrance dengan institusional ownership sebagai variabel moderating pada perusahaan makanan  dan minuman  yang  terdaftar di bursa efek Indonesia.  Pada penelitian ini faktor-faktor yang digunakan untuk mempengaruhi Tax Hindrance adalah: Discretionary Accrual auditor tax expertise, effective tax rate, accounting coservatism principle, fiscal loss compensation, thin capatalization dan firm value. Penelitian  yang dilakukan  oleh penulis  menggunakan  penelitian  asosiatif kuantitatif Penelitian  ini mengambil  perusahaan  di Indonesia yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia.  Populasi  yang  diambil  sebagai penelitian  merupakan  perusahaan makanan  dan minuman  yang  terdaftar  di Bursa  Efek  Indonesia  tahun 2011-2015 dengan  jumlah perusahaan  sebanyak  15.  Pengumpulan data dilakukan dengan mengambil  setiap informasi yang diperulakan   dalam  peneilitan  yang  bersumber  dari  situs  Bursa  Efek  Indonesia.           Metode analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji regresi linier berganda (multi linear regression)dengan variabel moderating antara, lain:Multiple Regression Analysis (MRA). Hasil Penel;itian menunjukkan (1) Discretionary Accrual menunjukkan pengaruh tidak signifikan terhadap variabel  Tax hindrance; (2) Auditor tax expertise menunjukkan tidak berpengaruh terhadap variabel Tax hindrance.; (3) Effective Tax Rate menunjukkan tidak berpengaruh terhadap variabel Tax hindrance; (4) Accounting coservatism principle menunjukkan pengaruh signifikan terhadap  variabel Tax hindrance.; (5)  Fiscal loss compensation menunjukkan tidak berpengaruh terhadap  variabe1 Tax hindrance; (6) Thin capatalization menunjukkan tidak berpengaruh terhadap variabel Tax hindrance; (7)  Firm value menunjukkan tidak berpengaruh terhadap variabel  Tax hindrance ; (8)  Discretionary Accrual, auditor tax expertise, effective tax rate, accounting coservatism principle, fiscal loss compensation, thin capatalization dan Firm Value secara bersama-sama berpengaruh terhadap tax hindrance; dan (9) Institusional ownership tersebut tidak dapat memberikan pengaruhnya terhadap perlakuan Tax hindrance dalam perusahaan  makanan  dan minuman  yang terdaftar di BEl.
OUTCOME EFFECT DALAM PENGUKURAN KINERJA KEUANGAN DAN NONKEUANGAN : STUDI EKSPERIMEN Indah Wahyuningsih; Dewi Fitriyani; Rita Friyani
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer (JAKK) Vol 2, No 1 (2019): Oktober 2018-April 2019
Publisher : Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer (JAKK)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jakk.v2i1.4349

Abstract

This study aims to examine the outcome effect of decision making in assessing financial and non-financial performance. This study is an experimental research that involved 483 students. The research design was 2x4x2x2 between-subjects experimental design.. Hypothesis testing used univariate ANOVA. This research conclude: (1) there is significantly outcome effect in performance appraisal (2) there is no significantly result that non-financial measures extended outcome effect, and (3) there is no significantly result that controllability appraisal and outcome knowledge effect in minimizing outcome effect. This result also indicate when assessing financial performance will further enhance outcome effect