Sekolah Luar Biasa Yapenas Yogyakarta merupakan yayasan yang memberikan fasilitas kegiatan pembelajaran anak berkebutuhan khusus yaitu anak autis, tuna daksa, tuna rungu dan tuna grahita. SLB Yapenas memberikan pembelajaran musik untuk meningkatkan kecerdasan dan keterampilan siswa baik kognitif, afektif dan psikomotor. Tujuan penelitian sebagai kajian pengelolaan pembelajaran musik di SLB Yapenas Yogyakarta sangat penting mengingat karakteristik pembelajaran yang berbeda dengan sekolah umum. Teori yang digunakan dalam kajian ini menggunakan teori kecerdasan majemuk. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan diuraikan secara deskriptif analisis. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini melibatkan kepala sekolah, bagian kurikulum, guru kelas, guru musik dan siswa sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukan pengelolaan pembelajaran musik yang sangat terstruktur, mulai dari mempersiapkan RPP dan silabus, media yang disesuaikan dengan karakteristik siswa, proses pembelajaran sampai dengan evaluasi siswa yang dikaji menggunakan kajian kecerdasan majemuk (multiple Intelligences). Kesimpulan dari penelitian diketahui bahwa pengelolaan pembelajaran musik di SLB Yapenas Yogyakarta sangat efektif sesuai dengan kompetensi dasar dan disesuaikan dengan karakteristik pembelajaran yang ada di sekolah luar biasa. Hasil dari evaluasi pembelajaran musik menunjukan kecerdasan majemuk yang dimiliki siswa SLB Yapenas Yogyakarta.
Copyrights © 2023