PIPER
Vol 19, No 1 (2023): PIPER

PEMANFAATAN BATANG PISANG SEBAGAI PUPUK ORGANIK CAIR (POC) UNTUK MENINGKATKAN PERTUMBUHAN DAN HASIL BAWANG MERAH (Allium cepa L)

Herlina Kurniawati (Unknown)
nurhadiah nurhadiah (Unknown)
Oregen Rivaldo (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2023

Abstract

Bawang merah merupakan komoditas hortikultura yang bermanfaat. Kebutuhan Bawangmerah di Indonesia mengalami peningkatan sejalan dengan bertambahnya jumlah penduduk. Peningkatanproduksi bawang merah dapat dilakukan dengan pemberian pupuk organik cair (POC) dari batangpisang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh POC batang pisang terhadap pertumbuhandan hasil tanaman bawang merah, dan mengetahui dosis pemberian POC batang pisang terbaik untukpertumbuhan dan hasil bawang merah. Penelitian ini menggunakan metode eksprimen lapangan danmenggunakan rancangan lingkungan dengan pola Rancangan Acak Kelompok (RAK), perlakuan adalahPOC batang pisang yang terdiri dari enam taraf perlakuan yaitu B0 = Tanpa POC batang pisang; B1 =2,5 ml POC batang pisang; B2 = 5 ml POC batang pisang; B3 = 7,5 ml POC batang pisang; B4 = 10 mlPOC batang pisang; dan B5 = 12,5 ml POC batang pisang. Parameter yang diamati adalah tinggitanaman (cm), jumlah umbi (buah), dan berat umbi (gram). Data dianalisis dengan analisis sidik ragamkemudian dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Jujur (BNJ). Hasil penelitian menunjukan bahwa POCbatang pisang berpengaruh sangat nyata terhadap tinggi tanaman namun tidak berpengaruh terhadapjumlah umbi bawang merah dan berat umbi bawang merah. Pemberian 12,5 ml POC batang pisangmemberikan rerata tinggi tanaman tertinggi yaitu 16,40 cm.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

piper

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Library & Information Science

Description

PIPER merupakan salah satu media/wadah untuk mengembangkan kemampuan ilmiah civitas akademika Fakultas Pertanian, terutama kemampuan berkomunikasi secara tertulis sesuai kaidah-kaidah ilmiah. Sebagai wadah menampung hasil-hasil penelitian ilmiah, PIPER dapat memperkaya khasanah ilmu dan pengetahuan ...