Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) SMK di Kota Yogyakarta ditinjau dari aspek: (1) context, (2) input, (3) process, dan (4) product. Subjek penelitian ini yaitu 7 ketua kompetensi keahlian, 18 asesor, dan 23 guru produktif SMK negeri dan swasta di Kota Yogyakarta. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman observasi, pedoman dokumentasi, kuesioner, dan pedoman wawancara. Instrumen penelitian divalidasi melalui expert judgement. Validitas diperoleh dengan product moment sedangkan reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Aspek context mendapatkan skor 3,38 (K3), 3,43 (Asesor), dan 3,32 (Guru Produktif). Aspek input mendapatkan skor 3,55 (K3), 3,73 (Asesor), dan 3,37 (Guru Produktif). Aspek process mendapatkan skor 3,62 (K3), 3,73 (Asesor), 3,52 (Guru Produktif). Aspek product mendapatkan skor 3,36 (K3), 3,50 (Asesor), 3,34 (Guru Produktif). Rekomendasi terhadap UKK TKRO yaitu: (1) peningkatan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana uji kompetensi yang mutakhir, (2) pengingkatan kualitas guru produktif dan asesor melalui pelatihan asesor, (3) dan peningkatan MoU dengan DUDI/IDUKA mengenai rekrutmen tenaga kerja.
Copyrights © 2023