JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika)
Vol 7, No 2 (2023)

Analisis Muatan Higher Order Thinking Skills Buku Teks Matematika SMP Kelas VIII

Alifa Sekar Ananda (Universitas Negeri Yogyakarta)
Heri Retnawati (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2023

Abstract

Abstrak. Indonesia memperoleh peringkat 73 dari 79 negara partisipan PISA di tahun 2018. Dari peringkat tersebut bisa disimpulkan bahwa peserta didik tidak terbiasa dengan soal HOTS. Penelitian ini betujuan untuk mendiskripsikan muatan HOTS pada bagian materi, contoh soal, dan soal buku teks matematika SMP kelas VIII (Semester 1 dan 2) edisi revisi tahun 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan membahas konten. Sumber data penelitian yang digunakan adalah buku teks matematika SMP kelas VIII (Semester 1 dan 2) Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 yang diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah kandungan HOTS tidak lebih dari setengah dari keseluruhan. Pada bagian materi, muatan HOTS yang terkandung sebesar 19% dengan indikator yang muncul adalah menganalisis (C4) sebesar 16%, mengevaluasi (C5) sebesar 0%, dan mencipta (C6) sebesar 3%. Pada bagian contoh soal, muatan HOTS yang terkandung sebesar 42% dengan indikator yang muncul adalah menganalisis (C4) sebesar 3%, mengevaluasi (C5) sebesar 0%, dan mencipta (C6) sebesar 39%. Sedangkan pada bagian soal, muatan HOTS yang terkandung sebesar 38% dengan indikator yang muncul adalah menganalisis (C4) sebesar 11%, mengevaluasi (C5) sebesar 2%, dan mencipta (C6) sebesar 25%.Kata Kunci: Analisis Konten, Buku Teks, Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JNPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JNPM mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian empiris terkait dengan pengajaran dan pembelajaran spesifik dalam bidang Pendidikan Matematika. JNPM menerima publikasi dari guru-guru matematika (SD, SMP, SMA) serta dari pemerhati dan peneliti pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel ilmiah ...