JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika)
Vol 6, No 2 (2022)

Analisis Bibliometrik Terhadap Tren Penggunaan ICT Pada Pembelajaran Matematika

Roslani Supinah (SMAN 6 Kota Tangerang Selatan)
Joko Soebagyo (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2022

Abstract

Abstrak. Penggunaan ICT pada pembelajaran matematika dapat membantu siswa untuk lebih mudah memahami pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tren penulisan artikel penggunaan ICT pada pembelajaran matematika, tren artikel yang memiliki jumlah sitasi terbanyak, klasifikasi peringkat jurnal, negara asal jurnal, dan pemetaan  dalam mencari tren publikasi ilmiah internasional dengan pangkalan data Scopus. Metode yang digunakan adalah analisis bibliometrik. Populasi dari penelitian ini adalah 200 artikel hasil penelusuran data menggunakan aplikasi Publish or Perish (PoP) dari tahun 2011-2021, diperoleh 92 artikel sebagai sampel yang sesuai dengan kriteria kata kunci. Data disimpan dalam bentuk Microsoft Excel sebagai bahan pengolahan data dan disimpan dalam bentuk RIS untuk digunakan pada software VOSviewer untuk mendapatkan pemetaan dalam mencari tren publikasi. Tren penulisan artikel tentang penggunaan ICT mengalami kenaikan yang signifikan dari tahun 2017 sampai pada puncaknya di tahun 2019. Analisis pemetaan software VOSViewer memiliki tiga tema terkait penggunaan ICT pada pembelajaran matematika yaitu “memory aid”, “ effectiveness”, “grade”, dan “mathematics education” yang masih jarang diteliti dan menjadi tema keterbaruan dalam penelitian. Tema tersebut dapat menjadi peluang untuk melakukan penelitian selanjutnya.Kata Kunci: bibliometrik, ICT, pembelajaran matematika, publish or perish, vosviewer

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JNPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JNPM mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian empiris terkait dengan pengajaran dan pembelajaran spesifik dalam bidang Pendidikan Matematika. JNPM menerima publikasi dari guru-guru matematika (SD, SMP, SMA) serta dari pemerhati dan peneliti pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel ilmiah ...