JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika)
Vol 3, No 2 (2019): EDISI SEPTEMBER

Desain Pembelajaran Matematika pada Konsep Dasar Peluang Berbasis Kearifan Lokal Indramayu

Benny Anggara (STKIP Yasika Majalengka)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain pembelajaran konsep peluang yang dirancang berdasarkan lintasan belajar siswa dan bentuk kearifan lokal masyarakat Indramayu. Desain yang dikembangkan menggunakan Didactical Design Research. Desain yang dibuat hanya pada konsep peluang suatu kejadian yang dimulai dari pengembangan lintasan belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan subjek penelitian 35 siswa SMA Negeri 1 Sliyeg. Tahap pertama yaitu analisis lintasan belajar yang sesuai kemampuan siswa, tahap kedua analisis bentuk kearifan lokal Indramayu yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari siswa, dan tahap terakhir adalah mendesain pembelajaran konsep peluang. Desain pembelajaran konsep peluang berbasis kearifan lokal Indramayu diawali dengan penyajian bentuk cerita berkaitan dengan kegiatan telitian pari dan cerita tersebut disajikan dengan menggunakan beberapa situasi didaktis. Kata Kunci: Lintasan belajar siswa, Didactical Design Research, Kearifan lokal Indramayu.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JNPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JNPM mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian empiris terkait dengan pengajaran dan pembelajaran spesifik dalam bidang Pendidikan Matematika. JNPM menerima publikasi dari guru-guru matematika (SD, SMP, SMA) serta dari pemerhati dan peneliti pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel ilmiah ...