JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika)
Vol 6, No 4 (2022)

Frieze Pattern on Siak Weaving Motifs and Their Implementation in Mathematics Learning

Mefa Indriati (Universitas Pendidikan Indonesia)
Turmudi Turmudi (Universitas Pendidikan Indonesia)
Jarnawi Afgani Dahlan (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2022

Abstract

Tenun siak merupakan karya seni hasil pembuatan kain songket di Siak Sri Indrapura Provinsi Riau yang memiliki motif menarik dan variatif dengan ciri khas Melayu Riau. Motif tersebut diambil dari lingkungan yaitu flora, fauna dan alam lainnya, kemudian dikembangkan dan disusun secara sistematis membentuk pola geometris tertentu. Penelitian pendahuluan deskriptif dilakukan dengan menggunakan referensi literatur, pengumpulan data dengan wawancara dan observasi ke tempat pengrajin tenun Siak, mengidentifikasi semua motif yang ada untuk mencari jawaban apakah motif tersebut tersusun membentuk pola kelompok frieza, pola yang dibangun dengan penerjemahan dalam satu arah, selain isometri lainnya berupa pantulan horizontal, pantulan vertikal dan rotasi atau luncuran 180°. Setelah dilakukan observasi dan identifikasi, diperoleh 58 jenis motif pada kain tenun Siak. Dari keseluruhan motif diketahui bahwa semuanya membentuk pola frieze. Ada yang membentuk pola freeze F1, F2, F3 hingga pola freeze F7. Terkadang selembar kain tenun Siak dibuat dari kombinasi beberapa pola dekorasi. Sejauh ini belum ditemukan motif tenun Siak yang tidak membentuk pola frieze. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Siak, telah lama menggunakan ide-ide matematis dalam pengembangan motif tenun Siak. Selain itu, penggunaan etnomatematika tenun Siak merupakan langkah yang tepat untuk meningkatkan literasi matematis siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JNPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JNPM mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian empiris terkait dengan pengajaran dan pembelajaran spesifik dalam bidang Pendidikan Matematika. JNPM menerima publikasi dari guru-guru matematika (SD, SMP, SMA) serta dari pemerhati dan peneliti pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel ilmiah ...