JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika)
Vol 5, No 2 (2021)

E-Learning: Pencapaian Productive Disposition Berdasarkan Kemampuan Awal Matematis Siswa SMP

In In Supianti (Universitas Pasundan)
Kiki Zakiyah (STKIP Muhammadiyah Kuningan)
Farhan Agustian (SMA Negeri 1 Sukanagara Cianjur)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Abstrak. Productive disposition siswa perlu dikembangkan. Selain itu, terjadinya revolusi industri 4.0 dan society 5.0, juga adanya pandemi Covid-19 menuntut penggunaan e-learning. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pencapaian productive disposition siswa SMP yang memperoleh pembelajaran full e-learning, blended learning dan direct instruction dengan memperhatikan kemampuan awal matematis siswa. Metode penelitian kuantitatif dengan desain faktorial . Subjeknya 91 orang siswa SMP di Bandung. Instrumen yang digunakan adalah angket productive disposition dan pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan adalah uji Anova 2 Jalur dilanjutkan uji Tukey HSD dalam menguji perbedaan pencapaian productive disposition siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak terdapat perbedaan pencapaian kemampuan productive disposition siswa yang memperoleh full e-learning, blended learning, dan direct instruction. Siswa dengan KAM tinggi, sedang, dan rendah memiliki perbedaan yang signifikan pencapaian productive disposition. Siswa KAM tinggi memiliki kemampuan productive disposition yang paling baik, diikuti oleh siswa KAM sedang dan rendah. Selain itu, model pembelajaran dan KAM secara bersama-sama tidak berpengaruh terhadap kemampuan productive disposition siswa. Agar e-learning terimplementasikan dengan baik, perlu sarana dan prasarana yang menunjang, bahan ajar yang menarik dan interaktif, juga sistem e-learning yang dapat memonitor aktivitas siswa.Kata Kunci: Blended Learning, Direct Instruction, E-Learning, Productive Disposition 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JNPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JNPM mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian empiris terkait dengan pengajaran dan pembelajaran spesifik dalam bidang Pendidikan Matematika. JNPM menerima publikasi dari guru-guru matematika (SD, SMP, SMA) serta dari pemerhati dan peneliti pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel ilmiah ...