JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika)
Vol 3, No 1 (2019): Edisi Maret

Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Melalui Inovasi Pembelajaran Berbasis Proyek

Agustiany Dumeva Putri (Universitas Islam Negeri Raden Fatah)
Syutaridho Syutaridho (Universitas Islam Negeri Raden Fatah)
Retni Paradesa (UIN Raden Fatah)
Muhammad Win Afgani (UIN Raden Fatah)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2019

Abstract

Abstrak. Kemampuan komunikasi matematis merupakan kemampuan yang dibutuhkan siswa untuk menyampaikan ide-ide matematika. Namun, kemampuan ini belum optimal juga dicapai siswa pada jenjang perguruan tinggi. Oleh karena itu, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji peningkatan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa melalui inovasi pembelajaran berbasis proyek pada mata kuliah geometri transformasi. Inovasi tersebut melibatkan Geogebra dalam pembelajarannya. Penelitian ini menggunakan metode quasi-experiment dengan  nonequivalent pre-test and post-test control-group design. Sampel dalam penelitian ini adalah 52 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika pada salah satu universitas di Palembang. Berdasarkan pembelajaran, sampel dibedakan dalam dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan inovasi pembelajaran berbasis proyek, sedangkan kelas kontrol diberikan pembelajaran konvensional. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan melalui tes pengetahuan awal matematis, tes kemampuan kemampuan komunikasi matematis, observasi dan wawancara. Data dianalisis menggunakan uji statistika parametric dan non-parametrik untuk data kuantitaf, sementara data kualitatif dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa yang mendapat inovasi pembelajaran berbasis proyek lebih baik daripada mahasiswa yang mendapat pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Pembelajaran Berbasis Proyek, Geometri Transformasi

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JNPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JNPM mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian empiris terkait dengan pengajaran dan pembelajaran spesifik dalam bidang Pendidikan Matematika. JNPM menerima publikasi dari guru-guru matematika (SD, SMP, SMA) serta dari pemerhati dan peneliti pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel ilmiah ...