JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika)
Vol 6, No 3 (2022)

Efektivitas Model Missouri Mathematics Project terhadap Kemampuan Koneksi Matematis dalam Pembelajaran Turunan

Aditya Prihandhika (Universitas Pendidikan Indonesia. Universitas Islam Al-Ihya Kuningan)
Aiyub Aiyub (Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh)
Didi Suryadi (Universitas Pendidikan Indonesia)
Sufyani Prabawanto (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Abstrak. Kemampuan koneksi matematis merupakan salah satu komponen utama dalam proses berpikir tingkat tinggi yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam pembelajaran matematika. Indikator-indikator dalam kemampuan koneksi matematis memiliki peran penting, terutama dalam mengaitkan gagasan antara konsep satu dengan yang lainnya dan menerapkan konsep matematika untuk menyelesaikan masalah matematis. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemampuan koneksi matematis dalam pembelajaran turunan. Penelitian menggunakan metode kuantitatif yang terdiri dari dua kelompok sampel, yaitu kelompok kontrol dengan menggunakan model Discovery Learning (DL) dan kelompok eksperimen dengan menggunakan model Missouri Mathematics Project (MMP). Data diperoleh dari hasil pretest dan posttest dengan menggunakan instrumen yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data menggunakan uji t dari skor N-gain dengan bantuan software SPSS menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis antara kelompok yang memperoleh model DL dan model MMP; 2) peningkatan kemampuan koneksi matematis kelompok MMP lebih tinggi daripada kelompok DL. Berdasarkan hasil tersebut, efektivitas model MMP dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis pada pembelajaran turunan dapat menjadi rekomendasi bagi praktisi, terutama dalam pengelolaan proyek yang memberikan ruang bagi peserta didik untuk mengaitkan gagasan dalam proses penyelesaian masalah matematis.Kata Kunci: Kemampuan Koneksi Matematis, Missouri Mathematics Project, Turunan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JNPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JNPM mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian empiris terkait dengan pengajaran dan pembelajaran spesifik dalam bidang Pendidikan Matematika. JNPM menerima publikasi dari guru-guru matematika (SD, SMP, SMA) serta dari pemerhati dan peneliti pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel ilmiah ...