JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika)
Vol 6, No 4 (2022)

Kontribusi Pedagogical Content Knowledge, Kemampuan Awal Siswa, dan Self-efficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika

Luh Nyoman Indah Yessy Wulandari (Pendidikan Matematika, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)
I Made Ardana (Pendidikan Matematika, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)
I Gusti Putu Suharta (Pendidikan Matematika, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi pengaruh Pedagogical Content Knowledge (PCK), kemampuan awal (KA) dan SE terhadap hasil belajar (HB) siswa SMP Negeri se-Kabupaten Tabanan. Data primer berupa PCK guru matematika, SE dan HB siswa yang dikumpulkan angket dan tes. KA diambil dari nilai sertifikat hasil ujian sekolah berbasis nasional. Sampel siswa ditentukan dengan teknik proporsional random sampling melalui rumus Slovin sebanyak 355 siswa dan 31 guru dianalisis dengan analisis jalur: ada pengaruh langsung PCK guru terhadap SE, KA terhadap SE, KA siswa terhadap HB matematika siswa, PCK guru terhadap HB matematika siswa, SE terhadap HB matematika siswa; terdapat pengaruh secara tidak langsung PCK guru terhadap HB matematika siswa melalui SE; PCK guru melalui SE terhadap HB; tidak terdapat pengaruh secara tidak langsung KA terhadap HB matematika siswa melalui SE; kontribusi PCK guru dan KA terhadap SE secara simultan sebesar 77,9%; kontribusi PCK guru, KA dan SE terhadap HB matematika siswa sebesar 94,4%. Penelitian ini memiliki implikasi pada pembuat kebijakan untuk memperkuat program pelatihan yang mampu memperkaya PCK guru.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JNPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JNPM mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian empiris terkait dengan pengajaran dan pembelajaran spesifik dalam bidang Pendidikan Matematika. JNPM menerima publikasi dari guru-guru matematika (SD, SMP, SMA) serta dari pemerhati dan peneliti pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel ilmiah ...