e-Jurnal Apresiasi Ekonomi
Vol 1, No 1 (2013)

PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGI DAN NILAI TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus: Bank Nagari Cabang Utama Padang)

Citra Suci Mantauv (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pasaman)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: pengaruh faktor psikologi, nilai terhadap loyalitas nasabah dengan kepuasan nasabah sebagai variabel intervening dan merupakan studi kasus dilakukan pada Bank Nagari Cabang Utama Padang. Populasi penelitian adalah seluruh nasabah Bank Nagari Cabang Utama Padang pada akhir periode 2010 yaitu sebanyak 174.363 orang nasabah, untuk menarik sampel menggunakan metode Sampel Non Probabilitas, yaitu peluang setiap anggota populasi untuk menjadi anggota sampel tidak sama. Jumlah sampel untuk penelitian ini adalah sebanyak 400 orang nasabah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, didapati pengaruh yang positif dan signifikan variabel X1 dan X2 terhadap Y dengan koefisien regresi 0,562.Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel X1 dan X2 terhadap variabel Intervening dengan koefisien regresi 0,546 untukĀ  faktor psikologi dan 0,117 untuk faktor nilai nasabah dan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel intervening terhadap Y dengan koefisien regresi 0,460.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

apresiasiekonomi

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

topics that will be published in this journal are: 1. Development theory and application of management science; 2. Study of entrepreneurship and entrepreneurship development; 3. Development and research on applying the theory of business science 4. Community economic development. But the other ...