Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Fakultas Teknik
Vol 1, No 1 (2015): PROSIDING SEMINAR NASIONAL SAINS DAN TEKNOLOGI 6 2015

EVALUASI PEMAKAIAN LISTRIK PADA RUANG KULIAH JURUSAN TEKNIK ELEKTRO PROGRAM DIPLOMA III FAKUTAS TEKNIK UNIVERSITAS DIPONEGORO

Iman Setiono (Jurusan teknik elektro program diploma III Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Jalan Prof. Sudharto, SH Tembalang- Semarang 50275)
Eko Ariyanto (Jurusan teknik elektro program diploma III Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Jalan Prof. Sudharto, SH Tembalang- Semarang 50275)
Subali Subali (Jurusan teknik elektro program diploma III Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Jalan Prof. Sudharto, SH Tembalang- Semarang 50275)
Priyo Sasmoko (Jurusan teknik elektro program diploma III Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Jalan Prof. Sudharto, SH Tembalang- Semarang 50275)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengadakan evaluasi terhadap pemakaian listrik pada ruamg kuliah di jurusan teknik elektro program diploma III Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Ruang kuliah yang digunakan untuk juruan teknik elektro sebanhyak dua buah ruangan yaitu  ruang 203 dan 204, sehingga dalam penelitian ini tidak digunakan sampel, tetapi langsung pada populasinya. Variabel penelitian terdiri atas besarnya daya listrik pada lampu penerangan, besarnya kuat cahaya yang dihasikan, besarnya daya listrik pada kipas angin, suhu ruangan, besarnya daya yang digunakan pada pengeras suara, dan besarnya daya listrik yang digunakan pada LCD Proyektor.  Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan melakukan pengukuran langsung diruangan, dengan variabel yang diukur adalah : daya listrik pada pemakaian untuk lampu penerangan, besarnya lumen yang dibutuhkan, daya listrik untuk penggunaan kipas angin, suhu udara diruangan. Sementara untuk daya listrik pada pengers suara dan LCD Proyektor tidak dilakukan pengukuran karena masih dayanya kecil.Metode analisis data adalah denganm metode analisis deskriptif kualitatif, yaitu dengan membandingkan besarnya daya yang digunakan dengan daya yang seharusnya digunakan.Hasil yang diperoleh ternyata bahwa besarnya daya listrik yang digunakan ternyata masih dibawah standar, karena itu maka perlu diadakan peningkatan, dengan memperbesar daya lampu penerangan dan mengganti kipas angin dengan pendingin udara. Kata kunci :evaluasi pemakaian listrik,  kuat cahaya, lampu penerangan.

Copyrights © 2015