Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Fakultas Teknik
Vol 1, No 1 (2015): PROSIDING SEMINAR NASIONAL SAINS DAN TEKNOLOGI 6 2015

AUGMENTED REALITY PADA APLIKASI ANATOMI TUBUH MANUSIA (SISTEM REPRODUKSI, SISTEM PENCERNAAN, SISTEM PEREDARAN DARAH) BERBASIS ANDROID

Sari Noorlima Yanti (Program Studi Teknik Informatika – Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma, Jl Margonda Raya No 100 Pondok Cina, Depok)
Esti Setiyaningsih (Program Studi Teknik Informatika – Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma, Jl Margonda Raya No 100 Pondok Cina, Depok)
Muhyin Hari Sasono (Program Studi Teknik Informatika – Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma, Jl Margonda Raya No 100 Pondok Cina, Depok)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2015

Abstract

Augmented reality merupakan penggabungan benda-benda nyata dan maya di lingkungan nyata, berjalan secara interaktif dalam waktu nyata, dan terdapat integrasi antar benda dalam tiga dimensi, yaitu benda maya terintegrasi dalam dunia nyata.Dengan bantuan teknologi Augmented Reality lingkungan nyata disekitar lingkungan akan dapat berinteraksi dalam bentuk digital (virtual). Salah satu implementasi AR digunakan sebagai media pembelajaran Anatomi Tubuh Manusia. Implementasi ini dibangun dengan memasukan teknolog Augmented Reality berbasis android ke dalam sebuah gambar yang menarik sebagai alat bantu untuk media pembelajaran bagi pelajar SMP kelas VIII agar lebih memahami dalam mata pelajaran Biologi mengenai Anatomi Tubuh Manusia dan lebih menarik minat belajar bagi para siswa, sehingga maksud dan tujuan yang dimaksudkan oleh penulis dapat tersampaikan. Pada aplikasi ini juga terdapat animasi sistem reproduksi, animasi sistem pencernaan dan animasi sitem peredaran darah. Untuk pembuatan aplikasi dibutuhkan beberapa software yaitu Unity, Blender, Microsoft Paint, SDK Android, Qualcomm Vuforia SDK. Sedangkan untuk menjalankan aplikasi membutuhkan smartphone Android dan marker. Kata kunci: Anatomi tubuh,  Augmented Reality, Marker, Android

Copyrights © 2015