Tujuan dari penulisan ini adalah untuk memberikan analisis sistem informasi yang dilakukan oleh www.matahari.com. Model bisnis Matahari.com adalah E-commerceyang menawarkan model berbelanja secara online dengan strategi yang berbeda dengan lainnya. Matahari.com merupakan E-commerce pertama di Asia Tenggara yang mengadopsi sistem belanja "O2O" (online-to-offline dan offline-to-online), yang memungkinkan para pelanggannya untuk membayar, mengambil, atau mengembalikan produk di ratusan cabang Matahari Department Store di seluruh Indonesia. Metode yang digunakan dalam analisis ini adalah pemodelan Competitive Forces and Strategy yang dikembangkan pertama kali oleh O’Brien dan Marakas. Pengumpulan data menggunakan studi pustaka yaitu: artikel, blog dan website dari matahari.com serta analisis pembanding dengan toko online lain. Kekuatan kompetitif paling kuat yaitu penawaran pembeli dan persaingan diantara perusahaan yang sudah ada. Strategi kompetitif yang dilakukan oleh Matahari.com melakukan lima strategi yang ada untuk menghadapi kekuatan kompetitif tersebut
Copyrights © 2022