Pontianak Nutrition Journal (PNJ)
Vol 5, No 1 (2022): Maret 2022

ASUHAN GIZI PADA PASIEN SPACE OCCUPYING LESSION DI RS PON JAKARTA

Islamiati Putri (Program studi gizi, fakultas teknologi pangan dan kesehatan, universitas sahid jakarta)
Khoirul Anwar (Ketua Program studi gizi, fakultas teknologi pangan dan kesehatan, universitas sahid jakarta)
Masruroh Mastin (Ahli Gizi Instalasi Gizi Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof, Dr, dr Mahar Mardjono Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2022

Abstract

Space occupying lesion merupakan desakan ruang yang diakibatkan peningkatan volume di dalam ruang intrakranial. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses asuhan gizi terstandar pada pasien diagnosis medis Observasi General Seizure Susp. Space Occupying Lession (SOL IK) , ec Susp. Massa Paru.  Pasien mengalami perubahan berat badan (17% dalam 3 bulan terakhir) karena kurangnya nafsu makan serta mengalami gangguan menelan sehingga asuhan gizi diperlukan untuk menurunkan resiko refeeding syndrome dan malnutrisi lebih lanjut. Metode penelitian ini yaitu observasional dengan desain studi kasus. Metode pengumpulan data berupa observasi data rekam medik dan wawancara kemudian data diolah menggunakan Microsoft Excel tahun 2016. Diberikan diet Refeeding Syndrome I melalui Nasogastric Tube serta dilakukan monitoring dan evaluasi selama 3 (tiga) hari. Hasil intervensi pasien selama 3 (tiga) hari pada fisik/klinis terus mengalami perbaikan, asupan pasien sudah sesuai dengan kebutuhan, meningkat secara bertahap karena pemberian diet yang diberikan sesuai dengan kondisi dan terapi yang diterima pasien.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PNJ

Publisher

Subject

Education Health Professions Public Health Other

Description

This journal has been published by Department of Nutrition, Poltekkes Kemenkes Pontianak. All articles with subject of Nutrition from national and international researchers are welcome to be submitted to this journal. All published articles were peer-reviewed by reputable reviewers. All published ...