Komatika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 3 No 1 (2023): Mei 2023

Pelatihan Peningkatan Branding dan Optimalisasi Pemasaran Produk Lokal Menuju Produk Internasional pada UKM Nasi Tiwul SBR Malang

Titus Kristanto (Institut Teknologi Telkom Surabaya)
Dewi Rahmawati (Institut Teknologi Telkom Surabaya)
Ayu Endah Wahyuni (Institut Teknologi Telkom Surabaya)
Muhammad Nasrullah (Institut Teknologi Telkom Surabaya)
Reza Arindra Fadillah (Institut Teknologi Telkom Surabaya)
Amanda Amalia (Institut Teknologi Telkom Surabaya)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2023

Abstract

Dampak pandemi COVID-19 mengakibatkan banyak pekerja kehilangan pekerjaan, sehingga terjadi pengangguran dan pengurangan karyawan, maka perlu mencari sumber potensi pendapatan baru yang dapat dieksplorasi dari lingkungan sekitar. Salah satu cara yaitu penerapan metode peningkatan branding dan optimalisasi pemasaran produk lokal menuju produk internasional. Tujuan dari kegiatan pengabdian adalah memberdayakan UMKM lokal agar hasil produk yang dihasilkan lebih efektif dan memperoleh hasil maksimal berupa desain kemasan produk dan memanfaatkan media pemasaran digital. Kegiatan pengabdian sejalan dengan program Pemerintah terkait peningkatan ketahanan pangan di Indonesia. Berdasarkan hasil diskusi dari pemilik UMKM, permasalahan yang dihadapi adalah aktivitas pemasaran produk lokal pada tingkat nasional. Aktivitas peningkatan branding dan optimalisasi pemasaran produk lokal menuju produk internasional dapat menjadi solusi alternatif untuk mengatasi masalah, terutama masalah yang dihadapi pemilik usaha Nasi Tiwul SBR Malang terkait pemasaran produk terbatas pada lingkungan sekitar. Metode peningkatan branding dan optimalisasi pemasaran produk lokal menuju produk internasional sangat sederhana yaitu mengetahui cara dan strategi dalam memasarkan produk secara tepat dan terarah. Melakukan pemasaran produk ke luar negeri dapat dilakukan dengan mudah melalui media digital. Saat ini, akses komunikasi dan penyebaran informasi dari seluruh dunia dapat dilakukan melalui internet, termasuk memperkenalkan bisnis ke luar negeri. Diharapkan dalam 6 bulan sudah mendapatkan hasil dan dapat dijual langsung pada wilayah Malang dan sekitarnya, sehingga produk lokal Indonesia dikenal dunia.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

komatika

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Social Sciences

Description

Komatika (ISSN 2774-5341, EISSN 2798-1584) terbit setahun dua kali pada setiap bulan Mei dan November. Berisi tulisan seputar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat sebagai upaya diseminasi Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni (IPTEKS) serta transfer teknologi untuk pemberdayaan dan peningkatan ...