Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol. 10 No. 2 (2019): JURNAL GENTA MULIA

PENINGKATAN RESPECTFUL MIND MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK KEPADA SISWA KELAS XI MEKANIK INDUSTRI A SMK SARASWATI SALATIGA

Yahya Adi Setyawan (Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga)
Tritjahjo Danny Soesilo (Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga)
Setyorini (Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu, bertujuan untuk mengetahui signifikansi peningkatan pikiran merespek (respectfull mind) dengan layanan bimbingan kelompok kepada siswa kelas XI Mekanik Industri A (MIA) SMK Saraswati Salatiga. Subjek penelitian adalah 10 siswa yang mempunyai pikiran merespek rendah dan sedang. Subjek penelitian dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, yang tiap kelompoknya terdiri dari 5 siswa. Alat ukur yang digunakan adalah skala pikiran merespek oleh (Mutiara Novetree Zebua. 2006), berdasarkan teori Gardner. Analisi data untuk menguji perbedan pikiranmerespek menggunakan analisis Mann Whitney. Perbedaan pre test dari kedua kelompok menghasilkan p = 0,674 > 0,050, artinya tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian eksperimen dapat dilanjutkan. Hasil analisis data setelah post test, signifikansi perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol meghasilkan p = 0,009 < 0,050. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok secara signifikan dapat meningkatkan pikiran merespek siswa kelas XI MIA SMK Saraswati Salaitga.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

gm

Publisher

Subject

Aerospace Engineering

Description

Jurnal Ilmiah dengan fokus semua bidang Pendidikan (pendidikan dasar hingga perguruan tinggi). Journal ini di publish secara berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan ...