MEANS (Media Informasi Analisa dan Sistem)
Volume 8 Nomor 1

Sistem Pendukung Keputusan Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Toko Gypsum dan Platform Keshya Menggunakan Metode (SAW)

Rio Rahmat Yusran (Universitas Mohammad Natsir)



Article Info

Publish Date
26 May 2023

Abstract

Kepuasan pelanggan gypsum dan platform di Toko Keshya merupakan hal terpenting dalam menjalankan bisnis dan pelayanan. Karena dengan memberikan kepuasan lebih akan meningkatkan pendapatan dalam jangka panjang dan menarik lebih banyak pelanggan. Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, kualitas yang diberikan juga harus diperhatikan agar konsumen tidak kecewa dengan produk yang telah diberikan kepada konsumen. Permasalahan dari penelitian ini adalah kurangnya informasi atau sistem untuk mengetahui kepuasan pelanggan dalam penjualan gypsum dan platform di Toto Keshya sehingga diperlukan sistem pengambilan keputusan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan. Penelitian ini menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) dengan konsep pengambilan keputusan menggunakan weighted summation. . Dalam menentukan kepuasan pelanggan telah ditetapkan beberapa kriteria yaitu, Kualitas Produk, Harga, Kualitas Layanan, Tanggung jawab dan kemudahan memperoleh barang. Hasil akhir penelitian ini diperoleh skor tertinggi nomor 1 atas nama Wualandari Coroline dan skor tertinggi kedua diperoleh atas nama Putri Asa dengan nilai 0,9235. Sistem pengambilan keputusan dapat digunakan sebagai standar untuk menentukan kepuasan pelanggan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Jurnal_Means

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal MEANS berdiri sejak Tahun 2016 dengan SK dari LIPI yaitu p-ISSN : 2548-6985 (Print) dan e-ISSN : 2599-3089 (Online) Terbit dua kali setiap Tahunnya yaitu Periode I Bulan Juni dan Periode II Bulan Desember Hasil Plagirisme Maksimal 25%, Lebih dari 25% Artikel Tidak Bisa Publish. Ruang lingkup ...