Economics and Digital Business Review
Vol. 4 No. 2 (2023): February - July

Strategic Management Process Pada Perusahaan Google

Jefri Ariffendi (Universitas Internasional Batam)
Nova Elisa (Universitas Internasional Batam)
Jennifer Agatha (Universitas Internasional Batam)
Suyanti Suyanti (Universitas Internasional Batam)
Richad Richad (Universitas Internasional Batam)



Article Info

Publish Date
29 May 2023

Abstract

Dalam menjalankan sebuah bisnis pastinya pelaku bisnis membutuhkan manajemen strategik untuk menentukan berbagai hal yang dibutuhkan dalam implementasi pencapaian “tujuan” dari suatu bisnis, Dengan ini pentingnya kesadaran seorang pelaku bisnis atas Strategic Management Process, kami melakukan analisis terhadap Google mengenai Strategic Management Process yang dimana analisis tersebut terdapat beberapa tahapan yaitu analisis lingkungan, visi, misi, dan tujuan perusahaan, perumusan strategi, implementasi strategi, monitoring dan evaluasi, serta adaptasi dan inovasi. Metode penelitian yang digunakan adalah Narrative Research yang dimana memperoleh sebuah data dari sejarah atau riwayat perjalanan hidup mitra penelitian kemudian hasil laporan tersebut akan disusun menjadi laporan naratif. Hasil dari pembahasan mengenai Strategic Management Process dari perusahaan Google bahwa perusahaan Google harus mampu menentukan arah dan strategi yang tepat untuk mencapai tujuan jangka pendek dan jangka panjang perusahan. Namun, Google juga dihadapkan dengan berbagai permasalahan yang mempengaruhi proses bisnis tersebut, seperti persainngan yang semakin ketat dan perubahan lingkungan bisnis serta teknologi yang terus berkembang. Saran yang diberikan kepada Google adalah tetap melakukan inovasi terhadap produk serta layanannya, mengembangkan sumber daya manusia (SDM), memperhatikan tren pasar, memperkuat branding, serta menjalin kemitraan. Dengan menerapkan saran-saran berikut, diharapkan bahwa Google dapat mengoptimalkan Strategic Management Process dan tetap bersaing di industri teknologi yang semakin kompetitif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ecotal

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Economics and Digital Business Review, is published by STIE Amkop Makassar in 2020, with registered number ISSN : 2774-2563 (Online), is a peer-reviewed journal published Economics and Digital Business Review published two times a year (January & July) by STIE Amkop Makassar, It provides an academic ...