JEKPEND Jurnal Ekonomi dan Pendidikan
Vol 6, No 1 (2023): Januari

Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri 1 Gondangwetan Kabupaten Pasuruan ( Study Kasus Kelas XI Jurusan IPS )

Lailatul - Ulid (Universitas PGRI Wiranegara Pasuruan)
Nurus Sobakh (Universitas PGRI Wiranegara Pasuruan)
Etta Mamang Sangadji (Universitas PGRI Wiranegara Pasuruan)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2023

Abstract

Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang harus dijalani oleh seluruh anak bangsa. Pendidikan di indonesia masih dalam tahap perkembangan. sehingga perlu menciptakan SDM yang berkualitas yang membawa perubahan menjadi lebih baik. Adapun Faktor-faktor yang melatarbelakanginya adalah, pada hasil observasi dimana sebagian siswa laki-laki kelas XI Jurusan IPS menjadi gugup saat menjawab pertanyaan dari guru, dan takut gagal. Selain itu, lingkungan belajarnya dekat dengan jalan raya sehingga menyebabkan proses kegiatan belajar mengajarnya agak terganggu. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi SMA Negeri 1 Gondangwetan Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif deskriptif korelasional kausalitas , dengan teknik pengambilan sampel proporsional random sampling dan sampel sebanyak 58 responden. Alat pengumpulan datanya yaitu kuesioner atau angket menggunakan ( googleform ), observasi dan dokumentasi nilai raport. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial kedua variabel independen berpengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mempunyai ( nilai t hitung 2,846 > t tabel 2,00404, nilai signifikan t = 0,006 < 0,05 ). Dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mempunyai ( nilai t hitung 3,031 > t tabel 2,00404, nilai signifikan t = 0,004 < 0,05 ). Secara simultan kedua variabel independen berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar mempunyai ( nilai F hitung 56,133 > 3,16 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 ). Dan diketahui pada uji koefisien determinasi, nilai R square 0,671 atau 67,1% artinya kedua variabel ini berpengaruh terhadap prestasi belajar, dan sisanya 32,9% dipengaruhi oleh hal-hal lain.Kata Kunci: Motivasi Belajar, Lingkungan Belajar, Prestasi Belajar

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JEKPEND

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

JEKPEND: Jurnal ekonomi dan pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang memuat tulisan berupa gagasan ilmiah dan hasil hasil penelitian dalam bidang ekonomi dan pendidikan. Scope tulisan meliputi kajian pendidikan ekonomi, ilmu ekonomi, pengembangan kurikulum pendidikan ekonomi, model dan media ...