Hadlonah : Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak
Vol 4 No 1 (2023): Hadlonah : Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak

Penerapan Model Dramatic Play dalam Menumbuhkan Imajinasi Anak Usia Dini

Aan Widiyono (Unknown)
Dewi Pratiwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2023

Abstract

Dunia anak terkait dengan pola yang dapat memberikan kesenangan, meningkatkan kreatifitas dan imajinasi anak. Melihat pentingnya kreatifitas dan imajinasi anak usia dini, maka diperlukan model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkannya, yaitu melalui model bermain pembelajaran yang berbasis kegiatan seni dan bermain. Sampel penelitian ini adalah siswa kelompok A TK Pertiwi Pedawang Kudus Indonesia dengan jumlah 20 orang siswa, yang terdiri dari 11 laki-laki dan 9 perempuan. Dramatic play yang dilakukan menggunakan cerita berbasis kearifan lokal Kudus Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methods dengan desain penelitian sekuensial eksploratori. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran dramatic play, 80% imajinasi anak meningkat. Indikator yang dikembangkan adalah percaya diri, mandiri, asyik dan larut menikmati permainan, memperlihatkan keingintahuan, melakukan hal-hal baru dengan caranya sendiri (inisiatif), dan menggabungkan ide-ide baru (improvisasi). Dari angket respon menunjukkan anak suka bermain dramatic play karena anak merasa tidak tertekan dan lebih menikmati kegiatan pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

hadlonah

Publisher

Subject

Education

Description

Hasil penelitian yang dipublikasikan terkait dengan penelitian berikut: 1. Asesmen untuk anak usia dini 2. Perkembangan Sosial dan Emosional AUD 3. Perkembangan Kognitif dan Bahasa AUD 4. Perkembangan Fisik Motorik AUD 5. Pengembangan kurikulum Pendidikan anak usia dini 6. Perkembangan Sains dan ...