AMALIAH: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Vol. 7 No. 1 (2023): Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

PELATIHAN MODIFIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SDN PETIR 1 DAN SDN PETIR 3

Mintarsih Mintarsih (Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka)
Erni Kurniasih (Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka)
Hilda Festi (Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka)
Ela Nurlaila (Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka)
Musringudin Musringudin (Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka)
Chairunnisa Minarni Alamsyah (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banten)



Article Info

Publish Date
21 May 2023

Abstract

Media pembelajaran termasuk salah satu sumber belajar yang mendukung penciptaan kondisi belajar siswa yang menarik dan menyenangkan. Guru harus mengikuti perkembangan pembelajaran digital interaktif. Ini merupakan salah satu tantangan bagi guru dalam mengikuti perkembangan teknologi untuk memodifikasi pembelajaran yang lebih menarik minat para siswa. Canva digunakan sebagai sumber belajar untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan bahan ajar digital. Canva dapat digunakan oleh guru dengan memilih dan mengaplikasikan fitur yang tersedia sesuai dengan materi yang akan disampaikan kepada siswa. Metode pelaksanaan dalam pengabdian masyarakat ini melalui tiga tahap, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil yang didapatkan dari pengabdian masyarakat ini adalah bahwa peserta pelatihan merasa terbantu dengan adanya pelatihan ini. Peserta yang merasa mudah mengoperasikan aplikasi canva yang sebelumnya hanya 30,6% setelah mengikuti pelatihan meningkat menjadi 84,6%. Artinya terdapat peningkatan kemampuan yang dialami peserta dalam penggunaan canva sebesar 53,8% setelah mengikuti pelatihan. Diharapkan setelah pelatihan ini para peserta dapat menerapkan pembuatan media pembelajaran canva dalam proses belajar mengajar sehari-hari di sekolah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

AJPKM

Publisher

Subject

Description

Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), with registered number ISSN 2580-0337 (print), ISSN 2580-0531 (online) is a scientific multidisciplinary journal published by LP2M Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah. It is in the national level that ...