Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 5, No 2 (2023)

Pelatihan Berkisah bagi Guru Taman Pendidikan Al Qur’an Muhammadiyah Ponorogo

Alip Sugianto (Universitas Muhammadiyah Ponorogo)
Wawan Kusnawan (Universitas Muhammadiyah Ponorogo)
Erny Prasetyaningsih (Universitas Muhammadiyah Ponorogo)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2023

Abstract

Kisah atau cerita memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk pribadi seseorang, atau untuk mempengaruhi sikap dan perilaku seseorang, terutama untuk usia anak. Kisah banyak diambil dari Al Quran, mulai dari cerita tentang manusia, binatang dan alam raya. Banyak guru belum menguasai teori maupun praktik berkisah. Padahal ini ini sangat penting dalam menunjang pembejaran. Pengabdian ini bertujuan untuk membekali guru TPA Muhammadiyah Ponorogo dengan Pelatihan Berkisah, baik secara teoritis maupun praktis. Metode dalam pengabdian meliputi beberapa tahapan seperti observasi, diskusi (penawaran solusi), menyiapkan meteri, pelatihan dan evaluasi. Pelaksanaan ini dilaksanakan pada tanggal 23 November 2022 dengan jumlah peserta 64. Hasilnya adalah peserta dapat memahami teori berkisah dengan baik seperti olah vokal, gesture, blocking, serta peserta mampu berkisah dengan baik dibuktikan dengan dipilih secara random untuk praktik berkisah dihadapan peserta lain, mereka bisa menyampaikan kisah dengan baik, membangkitkan rasa percaya diri, dan lebih menguasai strategi dalam berkisah sehingga pendengar tidak merasa bosanStories or stories have a very important role in shaping a person's personality or influencing a person's attitude and behaviour, especially for children. Many stories are taken from the Holy Qurán, starting from stories about humans, animals and the universe. Many teachers have not mastered the theory or practice of storytelling. Even though this is very important in supporting learning. This service aims to equip TPA Muhammadiyah Ponorogo teachers with theory and practice storytelling training. Service methods include several stages such as observation, discussion (offering solution), preparing material, training and evaluation. This implementation was held on November 23, 2022, with 64 participants. The result was that participants could understand storytelling theory well, such as vocal processing, gestures, and blocking. Participants were able to tell stories well, as evidenced by being randomly selected to practice storytelling in front of other participants, they could tell the story well, inspire self-confidence, and master strategies in storytelling so listeners don't feel bored. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

btj

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat publishes articles from community service. This Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is periodically published by Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lambung Mangkurat. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat published ...