J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial)
Vol 9, No 2 (2023): JPIPS

Video Blogging Technology : Pengembangan Media Pembelajaran Urban Farming dengan Contextual Approach

Alfyananda Kurnia Putra (Universitas Negeri Malang)
Widyana Pramesti (Universitas Negeri Malang)
Budi Handoyo (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat memberikan kesempatan untuk melibatkan teknologi dalam pembelajaran sebagai upaya meningkatkan kualitas pembelajaran. Integrasi antara teknologi dan pembelajaran dapat diimplementasikan melalui penggunaan media pembelajaran yang inovatif. Salah satu kendala pembelajaran geografi adalah sulitnya penyampaian materi ketahanan pangan nasional secara kontekstual, sehingga membutuhkan adanya visualisasi materi nyata yang dikaji berdasarkan kondisi suatu wilayah melalui media VLOG. Pengembangan VLOG diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi siswa untuk mempelajari kondisi ketahanan pangan di lingkungan sekitar melalui media yang adaptif terhadap perkembangan teknologi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan VLOG ketahanan pangan berbasis urban farming dengan pendekatan kontekstual yang layak. Metode pada penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE. Uji validasi ahli menyatakan bahwa media VLOG layak dilanjutkan pada tahap uji coba kelayakan dengan syarat melakukan revisi kecil. Adapun tahap uji coba kelayakan media yang dilakukan oleh guru dan siswa SMAN 1 Geger Madiun menghasilkan nilai kelayakan sebesar 91,7% dan 86,2% yang menunjukkan bahwa media VLOG termasuk kriteria sangat layak dan dapat digunakan pada pembelajaran geografi tanpa revisi

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpips

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Economics, Econometrics & Finance Education Neuroscience

Description

J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial) is a journal published by Laboratorium Journal FITK UIN Malang, published twice a year in the June and December periods as a vehicle for scholarly communication in primary education social studies of education contribute texts, both in the form of ...