Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah
Vol 4 No 1 (2023): Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah

Pengaruh Media Audiovisual Youtube terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 37 Semarang

Ulfiana Ulfiana (Universitas PGRI Semarang)
Agus Wismanto (Universitas PGRI Semarang)
Saroh Saroh (SMP Negeri 37 Semarang)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan memperoleh data dan mengetahui apakah media audiovisual Youtube berpengaruh terhadap kemampuan peserta didik menulis khususnya teks eksplanasi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan model Pra-Experimental Design dengan One Group Pretest Posttest Design. Populasinya yaitu 32 peserta didik kelas VIII F dengan pengumpulan data berupa tes. SPSS 16 digunakan untuk menganalisis data untuk mencari mean, uji normalitas variabel, serta menguji paired sample t-test. Nilai mean pretest yaitu 63,12, serta mean posttest 86,25. Hasil normalitas uji Saphiro-Wilk, menunjukkan nilai pretest bersignifikansi 0,047 > 0,05, sedangkan nilai posttest bersignifikansi 0,003 > 0,05. Disimpulkan bahwa distribusi penelitian adalah normal. Berdasarkan hasil paired sample test, signifikansi â‚‚tailed < 0,05 dengan perolehan 0,000 < 0,05, dengan thitung > ttabel (13,108 > 2,039), maka menunjukkan bahwa Hipotesis awal di tolak dan Hipotesis akhir diterima. Dapat disimpulkan penggunaan media audiovisual Youtube berpengaruh pada keterampilan menulis eksplanasi peserta didik kelas VIII F SMP Negeri 37 Semarang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jips

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah merupakan jurnal ilmiah inovasi dari multidisiplin ilmu yang diteliti di sekolah. Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah diterbitkan oleh Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Semarang dengan ISSN 2774-9363 (Cetak) dan ISSN 2774-9746 (Online). Terbit ...