Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 9 No. 2 (2023): April-June

Persepsi Siswa Terhadap Tindak Pidana Perundungan di Madrasah Aliyah Negeri Se Yogjakarta

Bambang Sukamto (Universitas Islam Jakarta)
Nur Aida (Universitas Islam Jakarta)
Nino Agung Perdana (Universitas Islam Jakarta)
Hilma Farhani (Universitas Islam Jakarta)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2023

Abstract

Perundungan di sekolah semakin menjadi masalah yang meluas di seluruh dunia dan memiliki dampak negatif terhadap suasana di sekolah, terutama terhadap siswa. Siswa dapat terlibat dalam perundungan sebagai pelaku, korban, atau saksi. Pengalaman perundungan, baik secara langsung maupun tidak langsung, dapat mempengaruhi persepsi siswa terhadap tindakan perundungan, baik bagi siswa laki-laki maupun perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap tindak pidana perundungan di sekolah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subyek penelitian adalah 209 siswa Madrasah Aliyah Negeri yang ada di wilayah Jogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan siswa Madrasah Aliyah Negeri yang ada di wilayah Jogyakarta sudah mendapatkan penjelasan tentang bulling. Sebagian besar siswa juga mengetahu tentang bahaya bullying dan akibat yang ditimbulkan. Untuk menghindari terjadinya bullying semakin meningkat, siswa juga bersedia membantu temannya yang menjadi korban bullying dan melakukan perlawanan apabila menjadi korban bullying.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...